Beban Berat Bambang, PKS Sebut Proyek IKN Mirip ‘Roro Jonggrang’

  • Bagikan
Jokowi memberikan 5 pesan untuk kepala IKN Nusantara (TL: Youtube Setneg)

JAKARTA – Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera, menyebut proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mirip legenda alias cerita rakyat Roro Jonggrang. Sehingga membutuhkan sosok pemimpin dengan karakter yang kuat karena harus mengelola ekspektasi tinggi Presiden Joko Widodo (Jokowi), penolakan publik, hingga anggaran dengan baik.

Mardani membeberkan sejumlah beban yang harus dipikul Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Semua yang dipilih Pak Jokowi punya beban berat. Mengelola ekspektasi Presiden yang tinggi, publik yang belum pro, hingga anggaran yang besar. Proyek seperti kisah Roro Jonggrang ini butuh pemimpin berkarakter kuat,” kata Mardani lewat pesan singkat dikutip, Kamis (10/3).

Mardani menyatakan proyek IKN besar dan berisiko. Menurutnya, kesalahan dalam menunjuk sosok pejabat Kepala Otorita IKN berpotensi mengakibatkan anggaran semakin tinggi.

Mardani berkata, Kepala Otorita IKN harus memiliki kapasitas dan integritas.

“Kapasitasnya dua, leadership dan manajerial. Leadership akan memudahkan kolaborasi dan arah pembangunan. Manajerial membuat semua detail. Bisa dikontrol,” tutur Mardani.

Sebagai informasi, Jokowi telah melantik Bambang sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara. Pelantikan dilakukan secara bersamaan Kamis kemarin sore.

Bambang merupakan ahli pembangunan infrastruktur dan transportasi. Sementara itu, Dhony merupakan praktisi di bidang properti.

Keduanya akan memimpin proses pembangunan ibu kota baru. Mereka juga akan memimpin pemerintahan daerah di ibu kota baru selama lima tahun ke depan.

Pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur dilakukan setelah Presiden Joko Widodo menerbitkan keputusan presiden. Selama aturan itu belum terbit, maka DKI Jakarta tetap berstatus ibu kota negara.


BACA JUGA :  Jusuf Kalla Sebut Negara Lain Butuh 20 Tahun Bangun IKN
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *