5 Negara dengan Jumlah Pengungsi Terbanyak, Turki Peringkat Atas

  • Bagikan
Foto/ilustrasi.

JAKARTA- Negara pengungsi terbanyak ini telah didata oleh UNHCR yang merupakan badan basis data dan informasi tentang populasi yang dipindahkan secara paksa.

Adanya pengungsi ini bisa disebabkan oleh perang, konflik maupun bencana alam. Melansir dari laman resmi UNHCR, terdapat beberapa pengungsi yang diklasifikasikan berdasar usia terutama untuk anak anak dan balita.

Pengungsi yang ada di dunia ini memiliki jumlah anak-anak sebesar 36,5 juta, dan 1,5 juta lahir di tempat pengungsian.

Ada pula pengungsi yang dikembalikan ke negara asalnya sebesar 486.800 orang, sementara untuk negara yang menampung pengungsi didominasi oleh negara-negara berkembang sebesar 83% dan negara terdekat dari wilayah para pengungsi sebesar 72 %.

BACA JUGA :  Aksi Brutal Pria Muda Tembaki 3 Rekan Kerja Hingga Tewas 1 Kritis

Inilah 5 negara dengan jumlah pengungsi terbanyak :

1. Turki

Negara dengan pengungsi terbanyak yaitu sejumlah 3,8 juta pengungsi. Jatuh pada Turki adalah tuan rumah bagi populasi pengungsi terbesar di dunia, karena merupakan rumah bagi warga Suriah yang satu dekade lalu mulai melarikan diri dari peperangan di negara mereka.

Untuk membendung arus pengungsi ke Eropa, UE mencapai kesepakatan dengan pejabat Turki pada 2016 untuk menampung sejumlah besar pengungsi dengan imbalan miliaran euro untuk mendanai program pengungsi.

2. Kolombia

Sebanyak 1,8 juta pengungsi. Dalam beberapa tahun terakhir Venezuela telah menghasilkan perpindahan orang terbesar kedua di dunia, hanya di belakang Suriah. Hampir sepertiga pengungsi Venezuela telah mengalir ke negara tetangga Kolombia, di mana para pejabat mengumumkan pada awal tahun 2021 sebuah program yang akan mendaftarkan para pengungsi sebagai langkah untuk memberikan akses ke perawatan kesehatan dan peluang kerja hukum.

Penulis: JhonEditor: Aini Fitri
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *