BMKG: Sejumlah Perairan di Indonesia Berpotensi Gelombang Tinggi Hingga Besok

  • Bagikan
Ilustrasi gelombang tinggi di laut. (Foto: dok. Antara/Rahmad)

JAKARTA- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga 4 meter yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 4-5 Oktober 2022.

BMKG mengatakan, gelombang tinggi ini dipengaruhi adanya pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

“Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur-Selatan dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan timur Lampung dan perairan Merauke,” dalam keterangan yang diterima, Selasa (4/10/2022).

Kondisi ini, kata BMKG, menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1.25-2.5 meter di Selat Malaka bagian utara, perairan timur Pulau Simeulue-Kepualuan Mentawai, Teluk Lampung bagian selatan.

BACA JUGA :  BULOG Jalin Kerjasama dengan PWI dalam Peningkatan Kompetensi Wartawan

Kemudian, di Selat Sape bagian selatan, Laut Sawu, Selat Ombai, perairan Pulau Sawu-Pulau Rotte-Kupang, perairan Raja Ampat bagian utara, perairan Manokwari-Jayapura, Samudera Pasifik Utara Sorong-Jayapura, Laut Arafuru bagian timur, Laut Arafuru selatan Merauke.

Sementara itu, BMKG mengatakan untuk gelombang di kisaran lebih tinggi 2.50-4.0 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh-Kepulauan Mentawai, perairan Pulau Enggano-Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudera Hindia Barat Sumatra.

“Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Pulau Jawa-Pulau Sumba, Selat Bali, Lombok, Alas bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Samudera Hindia Selatan Jawa–NTT,” paparnya.

BMKG pun mengimbau agar diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Kemudian, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.(*)

BACA JUGA :  Datangi Bareskrim Polri, Keluarga Brigadir J Minta Kenaikan Pangkat hingga Pemulihan Nama Baik
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *