Deretan Kiprah 36 Tahun PPAL dalam Berdayakan Purnawirawan

  • Bagikan

JAKARTA – Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) menggelar Acara Syukuran HUT ke-36 PPAL secara sederhana, di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (07/09).

Peringatan HUT PPAL tahun 2022 ini bertema “Dengan Semangat Kebersamaan Kita Wujudkan Indonesia Pulih Lebih Cepat – Bangkit Lebih Kuat”.

PPAL resmi didirikan 17 Agustus 1986, hari jadi PPAL bertepatan dengan perayaan HUT RI pada tiap tahunnya.

Pada tanggal 17 Agustus 2022 lalu, dalam rangka memperingati HUT-nya yang ke-36; PPAL menyelenggarakan Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 di KRI Semarang-594 yang berlayar di perairan Teluk Jakarta. Ketua Umum PPAL Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. bertindak sebagai Inspektur Upacara. Menyelenggarakan Upacara Detik-detik Proklamasi RI di KRI merupakan ciri khas dari PPAL dalam memperingati hari bersejarah tersebut.

Pada acara ramah tamah HUT ke-36 PPAL, Ketum PPAL didampingi Ketua PIPAL Dra. Manik Siwi Sukma Adji melakukan pemotongan nasi tumpeng.

Selain dihadiri Ketua Umum PPAL, acara syukuran hari ini juga dihadiri Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., pejabat utama Mabesal, Pangkotama TNI Angkatan Laut, Dewan Pertimbangan PPAL, mantan Ketua Umum PPAL, para purnawirawan TNI Angkatan Laut, dan warakawuri TNI Angkatan Laut; serta tamu undangan lainnya. Juga hadir Pimpinan/Pengurus Pepabri, LVRI, Bakamla, PPAD, PPAU, PP Polri, Jalasenastri, HW ALRI, PP Kowal, dan PIPAL (Paguyuban Istri Purnawirawan Angkatan Laut).

BACA JUGA :  Gandeng BPOM dan Dinkes Kapolrestro Tangerang Kota Awasi Obat Sirup di Rumah Sakit dan Apotik

Acara syukuran hari ini tetap melaksanakan protokol kesehatan dan mengutamakan rasa kebersamaan para purnawirawan dan warakawuri TNI Angkatan Laut; sehingga acara syukuran ini benar-benar dirasakan manfaatnya sebagai ajang silaturrahmi. Pada acara syukuran ini dilaksanakan penandatanganan MOU antara PPAL dengan PT ASABRI (Persero) guna memberikan pelayanan prima kepada para purnawirawan TNI Angkatan Laut.

PPAL Semakin Peduli Purnawirawan

PPAL awalnya bernama Badan Kontak Purnawirawan Angkatan Laut (BKPAL). Sebagai organisasi sosial, PPAL sesuai visinya adalah mewujudkan Keluarga Besar Purnawirawan Angkatan Laut yang rukun, bersatu, mandiri, dinamis, dan sejahtera yang mampu memberikan sumbangan konstruktif terhadap keberhasilan misi TNI Angkatan Laut pada khususnya dan pembangunan dunia maritim Indonesia pada umumnya. Sedangkan misinya memperjuangkan kesejahteraan anggota PPAL dan kemajuan dunia maritim Indonesia.

PPAL juga serius memberikan kontribusi pemikiran untuk kemajuan TNI Angkatan Laut, kemaritiman Indonesia, maupun upaya dalam pembinaan karakter, dan nilai-nilai Prajurit Matra Laut, bahari, dan kejuangan maritim.

BACA JUGA :  Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC Berhasil Gagalkan Peredaran Narkotika Jenis Ganja

Saat ini jumlah purnawirawan TNI Angkatan Laut sebanyak 57.000 orang. Mereka adalah sosok potensial yang harus diberdayakan demi keberhasilan misi TNI Angkatan Laut dan kepentingan Nusa dan Bangsa Indonesia, khususnya dunia maritim. Hingga kini PPAL memiliki 14 Wilayah dan 157 Rayon yang tersebar di seluruh persada Nusantara.

Untuk mewujudkan kesejahteraan purnawirawan Angkatan Laut, PPAL mendirikan Yayasan Dharma Purnawira. Salah satu lembaga di bawah yayasan Lembaga Amil, Donasi, Zakat, Infaq, dan Sodaqoh (LADZIS). Sejak didirikan tahun 2016, LADZIS telah menyalurkan bantuan sosial, kesehatan, perbaikan rumah tempat tinggal, pemberian santunan untuk anak-anak yatim piatu, dan penyaluran zakat kepada para purnawirawan Angkatan Laut di seluruh Tanah Air.

Bidang lain di bawah yayasan adalah bidang pendidikan yang berfungsi menjembatani para purnawirawan untuk mendapatkan sertifikat sesuai keahlian dan profesi masing-masing.

Tahun 2022 ini, LADZIS menyalurkan zakat untuk 479 orang, bantuan sosial untuk 988 orang, bantuan kesehatan untuk 347 orang, dan santunan untuk anak-anak yatim piatu sebanyak 101 orang. Jumlah keseluruhannya 1.915 orang.

Sebagai wujud semakin pedulinya PPAL terhadap para purnawirawan, pada syukuran hari ini PPAL menyerahkan bantuan secara simbolis untuk perbaikan rumah tinggal purnawirawan sebanyak 16 rumah, 30 buah kursi roda, 40 tongkat bantu berjalan, serta bantuan sosial kepada 224 purnawirawan.

BACA JUGA :  Kodam IX/Udayana Seleksi Taruna Taruni Akademi TNI Tahun 2024 Dengan Metode C.A.T

Ketua Umum PPAL mengucapkan terima kasih kepada Kasal dari masa ke masa, para donatur, dan para pejabat TNI Angkatan Laut yang telah memberikan donasi yang sangat bernilai bagi peningkatan kesejahteraan para purnawirawan.

Selain itu, sejak tahun 2011 PPAL secara rutin menerbitkan Majalah “Jalasena” yang kemudian tahun 2022 dikembangkan menjadi “Jalasena Admiralty” yang terbit cetak maupun online. Selain itu, setiap tahun menerbitkan Buku “Maritime Review” yang berisi kajian tentang permasalahan maritim yang sedang menjadi topik perhatian.

Selama 36 tahun, BKPAL yang kemudian berubah menjadi PPAL dipimpin oleh Laksda TNI Purn H Kandiawan Affandi, Laksamana TNI Purn Achmad Soetjipto, Laksdya TNI Purn Djoko Sumaryono, Laksamana TNI Purn Dr. Ade Supandi, S.E., M.A.P., dan sejak Desember 2021 hingga sekarang Ketua Umum PPAL adalah Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.

Sebagai “Rumah Gagasan”, “Rumah Solusi”, dan “Rumah Bersama”, PPAL memiliki motto “Adhi Dharma Purnawira” yang artinya Persembahan Berharga dari Purnawirawan Angkatan Laut.

Penulis: DanangEditor: Renoto Sirengga
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *