Dihadiri Danrem 162/WB, TMMD ke 113 Kodim 1615/Lotim Resmi Dibuka Oleh Bupati Lotim

  • Bagikan
Foto : Istimewa

Lombok Timur – Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigede, S.T., M.Si., menghadiri pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 113 Tahun 2022 Kodim 1615/Lotim bertempat di Pendopo Bupati di Jalan Ahmad Yani No. 56, Sandubaya, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur, pada Rabu (11/5/2022).

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembabacaan laporan Dandim 1615/ Lotim Letkol Inf Amin Muhammad Said, SH. Selaku  Dansatgas TMMD ke 113.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Bupati Lombok Timur Drs. HM. Sukiman Azmy, MM., yang juga secara resmi membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 113 tahun 2022 Kodim 1615/Lotim.

Dalam sambutannya, Bupati Lotim menyapaikan bahwa melalui TMMD ini, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur telah berkomitmen mengupayakan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah hingga pelosok daerah dengan berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak salah satunya TNI.

BACA JUGA :  Kunker di Dodiklatpur, Danrindam IX/Udayana Beri Pengarahan dan Cek Barak Siswa

“Kehadiran TNI ditengah-tengah masyarakat dalam membangun desa merupakan salah satu wujud kepedulian dan peran TNI dalam melaksanakan pembinaan teritorial maupun membantu mempercepat pemerataan program pemerintah daerah secara berkelanjutan dengan harapan terwujudnya kemanunggalan TNI-Rayat,” ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutan Danrem 162/WB Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigede, S.T. M.Si., menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan TMMD ini sangatlah jelas, yakni guna meningkatkan kesejahteraan, memantapkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa, bernegara, bela negara dan mewujudkan kecintaan pada Negara.

“TMMD juga bertujuan untuk merangsang dan menggerakkan masyarakat dalam membangun desa tempat tinggal mereka, agar mampu menjadi modal awal dalam mencapai kesejahteraan, mengingat kegiatan TMMD dilaksanakan di wilayah-wilayah atau desa tertinggal, terisolir dan terpencil,” jelasnya.

BACA JUGA :  Bersatu Membangun Bangsa, Kodim Belu Gelar Komsos Dengan Kelompok Ternak Ayam KUB

Lebih lanjut dikatakan Danrem, bahwa adapun sasaran kegiatan yang dilakukan oleh Satgas TMMD bersama dengan masyarakat setempat ini nantinya dibagi menjadi dua program, yakni program fisik dan non fisik.

“Untuk program fisik sendiri yaitu melaksanakan pembangunan perumahan relokasi nelayan sebanyak 30 unit. Sedangkan sasaran Non Fisik berupa sosialisasi Rekrutmen TNI, penghijauan, penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, penanggulangan bencana alam, bahaya Covid-19, Narkoba, Pelayanan KB Kesehatan dan Posyandu,” sebutnya.

Harapan Danrem, dalam kegiatan TMMD ke-113 TA. 2022 ini dapat membantu masyarakat sehingga masyarakat akan semakin cerdas, terampil, kreatif dan inovatif serta mempunyai kualitas yang mumpuni sebagai modal dasar membangun desa untuk meningkatkan kesejahteraan.

Pelaksanaan kegiatan TMMD yang akan dilaksanakan selama kurang lebih 30 hari ini diharapkan dapat berjalan dengan lancar sehingga nantinya pengerjaan sasaran fisik dapat selesai tepat waktu. Untuk itu, dibutuhkan kerjasama yang baik antar Satgas TMMD, pemerintah daerah dan masyarakat agar pelaksanaan kegiatan ini dapat maksimal.

BACA JUGA :  Dukung Operasional Kodam IX/Udayana, PT. Indo Wisata Indah Persada Hibahkan 1 Unit Mobil

“Selain itu, melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat lebih mempererat tali silaturrahmi antar TNI dengan seluruh elemen lapisan masyarakat yang ada di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lotim, karena TNI dan Rakyat tidak dapat dipisahkan, TNI lahir dari Rakyat dan bersama-sama dengan seluruh Rakyat Indonesia menjaga keutuhan Bangsa dan Negara yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Setelah TMMD ke 113 tahun 2022 Kodim 1615/Lotim dibuka oleh Bupati Lotim, acara dilanjutkan peninjauan lokasi TMMD di Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur.

Penulis: Pendim 1615/Lotim
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *