Festival Hari Pramuka Ke-62 Jakarta Barat Diikuti 2.100 Peserta

  • Bagikan
Foto: istimewa

JAKARTA – Dalam rangka Hari Pramuka, sebanyak 2.100 anggota Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pramuka Berkebutuhan Khusus Kwartir Ranting (Kwaran) se-Jakarta Barat mengikuti Festival Pramuka di Halaman Kantor Walikota Jakarta Barat, Sabtu (30/9/2023).

Festival Pramuka merupakan ajang unjuk ketrampilan anggota Pramuka semua jenjang yang baru pertama kali diadakan oleh Kwartir Cabang Pramuka Jakarta Barat.

Pramuka ke-62 dan Festival Pramuka dibuka oleh Walikota Jakarta Barat, Uus Kuswanto beserta jajaran.

Dalam sambutannya Uus mengucapkan selamat kepada Kwarcab, Kwaran, dan seluruh kakak serta adik-adik Pramuka yang mengikuti Hari Pramuka ke 62 dan Festival Pramuka. Menurutnya, Gerakan Pramuka adalah sebuah gerakan yang membentuk watak, karakter dan kepribadian generasi muda bangsa.

BACA JUGA :  Ormas Laskar Merah Putih Rayakan HUT Ke 23

“Kegiatan Pramuka di dalamnya banyak penguatan-penguatan karakter Pancasila dan cinta tanah air yang sesuai Trisatya dan Dasadarma Pramuka diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari yang bisa ditularkan kepada semuanya yang tentunya harus di dukung dari seluruh stakeholder,” ujar Uus.

“Saat ini banyak berita-berita lokal dan internasional, tentunya mental pengawasan dari orang tua, guru dan harusnya kita cerdas dalam bermedia sosial,” imbuhnya.

Uus juga mengungkapkan, Festival Pramuka ini hendaknya dijadikan sarana bergembira, belajar, berkarya, dan membangun semangat persatuan sebagai sesama anak bangsa yang sekaligus mengasah keterampilan adik-adik pramuka.

“Manfaatkanlah Festival Pramuka untuk menjalin kekeluargaan, persahabatan, kebersamaan dan prestasi diantara adik-adik semua. Jadilah Pramuka yang aktif, kreatif, dan energik. Jauhi kegiatan yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan kalian. Ajak teman-teman kalian untuk mengisi kegiatan, dan waktu luang di luar jam sekolah dengan kegiatan yang bermanfaat, yang dapat kalian jadikan sebagai bekal ketika dewasa kelak. Persiapkan diri kalian semua dengan baik, untuk melanjutkan kepemimpinan di negeri ini, di masa yang akan datang,” imbaunya.

BACA JUGA :  Inilah Nasib Jakarta Setelah Nanti tak Lagi Menjadi Ibu Kota Negara

Fadjar Panjaitan selaku Ketua Gerakan Pramuka DKI Jakarta mengapresiasi kegiatan Festival Pramuka Jakarta Barat, kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan terobosan yang baru dan kreatif di tahun 2023.

Selain itu, Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Jakarta Barat, Agus Ramdani menambahkan bahwa Hari Pramuka dan Festival Pramuka tahun ini lebih mengedepankan SDM yang Profesional dan Proposional.

“Peserta Festival Pramuka akan dilombakan yaitu, baris berbaris, melukis layang-layang, pionering, pengetahuan umum, yel serta menyanyi dan mengambar untuk Pramuka Berkebutuhan Khusus yang semuanya telah mendapatkan seleksi terbaik di tingkat ranting,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan apresiasi Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka kepada para Pembina yang telah berjasa mengembangkan Pramuka di Jakarta Barat yang diantaranya, Kak Uus Kuswanto menerima penghargaan Darma Bakti dan Kak Agus Ramdani penghargaan Melati.

BACA JUGA :  Gandeng Sudis PPKUKM, Kantor BPN Jakbar Gelar Bazar Produk UMKM

Turut hadir dalam acara Kapolres Jakarta Barat, Dandim 0503 Jakarta Barat, Ketua PMI, para asisten dan pengurus Kwarcab dan Kwaran se-Jakarta Barat.*(ren)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *