Gelar Karya Bakti di Desa Gobleg, Yonzipur 18/YKR Gandeng Warga Lakukan Pembersihan di Sekitar Pompa Hidram

  • Bagikan

BULELENG – Karya Bakti TNI Satnonkowil merupakan bagian dari metode Pembinaan Teritorial (Binter) TNI AD yang bertujuan untuk membantu dan mendukung Satkowil dalam upayanya membantu Pemda meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bersifat fisik dan nonfisik guna mewujudkan stabilitas wilayah.

Dalam upaya tersebut, Batalyon Zeni Tempur 18/Yudha Karya Raksaka menggelar Karya Bakti berupa pembersihan sekitar lokasi Pompa Hidram yang berada di Desa Gobleg, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, pada Selasa (30/8/2022).

Kegiatan yang bertajuk Karya Bakti TNI Satnonkowil Semester 2 TA. 2022 tersebut dilaksanakan secara gotong-royong bersama Perangkat dan masyarakat Desa Gobleg, disertai juga dengan penyerahan Paket Sembako bagi warga yang berkebutuhan khusus.

BACA JUGA :  Dukung Ketahanan Pangan di Wilayah Binaan, Danramil Aikmel Turun Sawah Dampingi Petani

Dalam keterangannya, Danyonzipur 18/YKR Mayor Czi Damai Adi Setiawan, S.I.P., menunjuk Desa Gobleg sebagai desa tujuan dilaksanakannya Karya Bakti dikarenakan desa tersebut merupakan desa yang berperan penting guna mendukung kelancaran dalam pelaksanaan latihan bagi Satuan Yonzipur 18/YKR.

“Dari latihan tingkat regu hingga tingkat kompi rencananya akan dilaksanakan di wilayah ini, sehingga kami beranggapan bahwa perlu adanya kegiatan serbuan teritorial yang bertujuan untuk mendorong kekompakan dalam bergotong royong dan meningkatkan wawasan kebangsaan,” ujar Danyon.

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk yang dilaksanakan semata-mata adalah untuk kepentingan masyarakat, serta membantu Pemerintah Daerah dalam meringankan kesulitan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraannya.

Sementara itu, Pgs. Pasi Intel Yonzipur 18/YKR Lettu Czi Aril Dian Prasetyo mengatakan bahwa kegiatan Karya Bakti ini juga sebagai wadah terpeliharanya komunikasi dan silaturahmi dengan para Tokoh Masyarakat, sehingga dapat terjalin sinergitas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA :  Mantapkan Rencana Pengamanan dan Evakuasi, Kodam IX/Udayana Gelar TTX Presidensi G20

“Sasarannya, yaitu memantapkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam rangka mewujudkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh guna menciptakan suasana kondusif, sehingga terwujudnya stabilitas keamanan dalam rangka memantapkan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta,” jelasnya.

Sebagaimana kegiatan Bakti TNI Satnonkowil dilaksanakan di wilayah tersebut, kehadiran personel Yonzipur 18/YKR disambut hangat oleh Siswa-siswi Taman Kanak-kanak Tunas Harapan binaan Desa Gobleg yang turut serta dalam kegiatan Karya Bakti.

Hal senada juga disampaikan Perbekel Desa Gobleg I Made Separsa yang mengapresiasi kepedulian Satuan Yonzipur 18/YKR dalam upayanya melaksanakan pembersihan di sekitar lokasi Pompa Hidram dan di sepanjang jalan masuk utama desa, serta penyerahan bantuan Paket Sembako.

BACA JUGA :  Dandim 1611/Badung Sebagai Narasumber Sosialisasi Pelaksanaan Kebijakan di Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan, Bhineka Tinggal Ika dan Sejarah Kebangsaan

“Kami atas nama seluruh warga Desa Gobleg mengucapkan terima kasih banyak kepada Yonzipur 18/YKR. Semoga kegiatan ini dapat dijadikan contoh bagi warga untuk mempertahankan kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan lebih meningkatkan taraf pola hidup sehat,” tandasnya.

Penulis: Penyonzipur18/YKREditor: Aly
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *