Gunakan Satelit, Mulai 2023 Masuk Tol di Indonesia Tak Perlu Tempel Kartu E-Tol

  • Bagikan

JAKARTA – Bagi pengguna jalan tol, ada kabar baik bahwa pemerintah lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menerapkan teknologo tol non-tunai tanpa harus menempelkan kartu e-tol di gerbang tol.

Teknologi canggih itu bernama Multi Lane Free Flow atau disingkat MLFF yang memungkinan pengguna kendaraan yang hendak menggunakan jalan tol tidak harus susah payah membuka jendela dan menempelkan kartu e-tol, akan tapi pengendara bisa langsung melaju kendaraanya tanpa behenti dulu

“Pemerintah melalui Kementerian PUPR terus meningkatkan tata kelola sistim layanan jalan tol melalui penerapan non-tunai dengan menggunakan MLFF,” ujar Menteri PUPRR Basuki Hadimuljono, Kamis (27/1).

Apa Itu MLFF?

BACA JUGA :  Semakin Canggih, Oppo Sematkan Sistim Operasi Terbaru Bernama ColorOS 12

Dilansir dari Indonesiabaik.id Kamis Multi Lane Free Flow (MLFF), yaitu proses pembayaran tol tanpa berhenti, itu berarti pengguna jalan tol tidak harus mengentikan kendaraannya di gerbang tol.

Teknologi yang diterapkan pada MLFF yaitu Global Navigation Satelit System (GNSS) yaitu merupakan sistem yang memungkinkan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit.

Teknologi ini membuat alat pembaca berbeda tidak perlu di setiap tempat karena memakai satelit, dengan identifikasi frekuensi radio atau RFID. GNSS memakai alat yang dipasang di dalam mobil. Ketika kendaraan berada di gardu jalan tol, alat itu akan terbaca melalui sistem di satelit.

Rencana Implementasi MLFF
Dengan menggunakan Global Navigation Satellite System (GNSS), untuk implementasi tahap pertama teknologi MLFF di 40 ruas jalan tol di Indonesia yang tersebar di Pulau Jawa, dan Bali pada tahun 2022 mendatang.

BACA JUGA :  Cuma Muncul 50Ribu Tahun Sekali, Komet Langka Melintas di Bumi Awal Februari

Nilai Investasi proyek MLFF adalah sebesar Rp4,4 Triliun, dengan masa konsesi PT RITS adalah selama 9 tahun sejak tanggal operasi komersial.

Dengan penggunaan uang elektronik telah mengurangi waktu transaksi menjadi 4 detik dibandingkan transaksi manual 10 detik. Sehingga, penggunaan MLFF tentunya memiliki manfaat yang sangat besar karena bisa menghilangkan waktu antrian menjadi nol detik.

Penerapannya nanti akan berjalan dengan skema sekitar 50% dari total gardu pada gerbang tol yang akan digunakan untuk MLFF, sedangkan 50% digunakan bagi pengguna yang melakukan pembayaran nontunai konvensional. Yuk kita dukung teknologi pembayaran nirsentuh yang ini atau yang dikenal dengan MLFF agar segera berjalan di Indonesia.

Keren kan?, maka dari itu, dukung Indonesia yuk, agar Indonesia semakin maju dan modern

BACA JUGA :  Apa itu Titik Balik Matahari? Fenomena Astronomi yang Bakal Terjadi Besok

(my)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *