Hari Ini DPR Sahkan Calon Anggota Dewan Kehormatan Pemilu Periode 2022-2027

  • Bagikan
Hari Ini DPR Sahkan Calon Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (Foto: Istimewa)

JAKARTA – DPR RI hari ini, Selasa (14/6) bakal mengesahkan calon anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) periode 2022-2027 dalam Rapat Paripurna

Sebelumnya pada Senin kemarin, menurut Ketua DPR Puan Maharani, bahwa pengesahan dilakukan setelah Komisi II DPR melakukan proses pemilihan terhadap calon anggota DKPP periode 2022-2027 dari unsur masyarakat.

“Berdasarkan hasil inventarisasi dan diskusi bersama fraksi-fraksi di Komisi II DPR RI, diputuskan secara musyawarah mufakat tiga orang yang dianggap terbaik dan memenuhi syarat sebagai calon anggota DKPP periode 2022-2027 dan selanjutnya dibawa ke rapat paripurna hari ini untuk dimintakan persetujuan,” kata Puan dalam keterangannya, Selasa (14/6).

Pihaknya setelah disahkan, lanjut dia, akan mengirimkan tiga nama calon anggota DKPP itu ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dilantik bersama dua calon anggota DKPP lainnya.

Dua orang ex officio dari KPU dan Bawaslu juga akan mengisi anggota DKPP yang merupakan lembaga etik pengawas penyelenggara Pemilu ini. Sebelumnya, Jokowi memperpanjang masa jabatan anggota DKPP lantaran DPR belum kunjung mengusulkan calon anggota baru periode 2022-2027.

Hal itu tertuang dalam dalam Keppres No. 63/P tahun 2022 tentang Perpanjangan Masa Tugas Anggota DKPP Periode 2017-2022 Unsur Tokoh Masyarakat. Keppres ditandatangani pada Rabu kemarin (8/6).

“Oleh karena sampai dengan berakhirnya masa tugas anggota DKPP periode 2017-2022, proses pengusulan anggota DKPP unsur tokoh masyarakat oleh DPR masih belum selesai, maka untuk menjamin kesinambungan organisasi DKPP, perlu memperpanjang masa tugas anggota DKPP periode 2017-2022 unsur tokoh masyarakat,” mengutip Keppres.

Anggota DKPP yang diperpanjang masa jabatannya antara lain Ida Budhiati, Didik Supriyanto, Muhammad, Alfitra Salam, dan Teguh Prasetyo. Masa jabatan mereka seharusnya habis pada 12 Juni 2022.

BACA JUGA :  Ketua DPR Puan Maharani Apresiasi Capaian Realisasi Anggaran 2021
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *