Kawasan Pantai di Laut Merah Ditutup Usai Dua Turis Asing Tewas Diserang Hiu

  • Bagikan
Ilustrasi Hiu. (Foto Mirror)

JAKARTA- Otoritas Mesir memerintahkan penutupan kawasan pantai usai kematian dua wanita dalam serangan hiu saat tengah berenang di kawasan Laut Merah, di selatan Kota Hurghada, Mesir.

Dilansir dari kantor berita Reuters dan Channel News Asia, Senin (4/7/2022), Kementerian Lingkungan Hidup Mesir mengonfirmasi kematian kedua wanita tersebut pada Minggu (3/7) waktu setempat.

Dua sumber mengatakan kepada Reuters bahwa jasad seorang turis Rumania berusia 40-an tahun ditemukan beberapa jam setelah serangan hiu yang menewaskan seorang wanita Austria berusia 68 tahun. Menurut sumber tersebut, kedua serangan hiu itu terjadi dalam jarak 600 meter satu sama lain, di lepas pantai Sahl Hashesh.

Kementerian Lingkungan Hidup Mesir mengatakan dalam pernyataannya bahwa sebuah komite telah dibentuk untuk memeriksa tentang dua serangan hiu tersebut dan alasan ilmiah di baliknya.

BACA JUGA :  Akibat Invasi ke Ukraina, Sejumlah Bisnis Barat Putuskan Hubungan dengan Rusia

Disebutkan juga bahwa Gubernur Kegubernuran Laut Merah, Mayor Jenderal Amr Hanafi, telah mengeluarkan perintah untuk menghentikan semua aktivitas di daerah sekitar serangan hiu. Dilaporkan kantor berita AFP, dengan perintah ini, semua pantai di kawasan itu diperintahkan ditutup selama tiga hari.

Pengguna media sosial pada hari Jumat (1/7) membagikan video — keaslian, tanggal, dan lokasinya tidak dapat diverifikasi secara independen oleh AFP — menunjukkan seorang perenang tengah berjuang sebelum apa yang tampak seperti genangan darah muncul di sekitarnya.

Seorang sumber di Direktorat Urusan Kesehatan Laut Merah mengatakan kepada Reuters, bahwa korban pertama sempat dibawa ke rumah sakit swasta setempat, dan telah dilakukan upaya untuk menyelamatkan nyawanya, namun dia meninggal karena luka-lukanya.

BACA JUGA :  Jokowi Undang Langsung Zelensky untuk Hadiri KTT G20 di Bali

Sebuah sumber keamanan juga menambahkan bahwa wanita Austria itu telah tinggal di Mesir selama lima tahun terakhir dengan suaminya yang berkebangsaan Mesir.

Laut Merah adalah tujuan wisata populer, di mana hiu biasa ditemukan tetapi jarang menyerang orang yang berenang dalam batas yang diizinkan.

Pada tahun 2018, seorang turis Ceko dibunuh oleh hiu di lepas pantai Laut Merah. Serangan serupa menewaskan seorang turis Jerman pada tahun 2015.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *