Melatih Kedisiplinan Para Santri, Babinsa Montong Gamang Beri Pelatihan PBB

  • Bagikan
Serka Basri Hariawanto memberikan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) di Pondok Pesantren Madinatul Ulum, Dusun Mumbang. (Foto 1620/Loteng)

LOMBOK TENGAH – Guna melatih keterampilan dan kedisiplinan para Santri dan Santriwati, Babinsa 1620-03/Kopang Serka Basri Hariawanto memberikan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) di Pondok Pesantren Madinatul Ulum, Dusun Mumbang, Desa Montong Gamang, Kecamatan Kopang, Lombok Tengah, pada Senin (23/5/2022).

Kegiatan yang dilakukan Babinsa merupakan salah satu bagian dari pembinaan teritorial dan Bela Negara di wilayah binaan terutama di Pondok Pesantren.

“Pelatihan ini bertujuan untuk membentuk karakter para santri agar lebih disiplin dan memupuk jiwa nasionalisme sekaligus untuk membina para santri agar terampil dalam melaksanakan kegiatan baris berbaris,” ujarnya Basri.

Dalam latihan yang diberikan, selain penghormatan dan dasar-dasar kedisiplinan serta latihan tata upacara bendera, Serka Basri juga mengisi mereka dengan bela negara seperti pembekalan nilai-nilai pengamalan Pancasila dan sejarah perjuangan bangsa. Para Santri pun terlihat antusias dengan pelatihan yang diberikan, baik yang berupa teori maupun praktek.

BACA JUGA :  Pangdam IX/Udayana Hadiri Rapat Koordinasi World Water Forum ke 10 Tahun 2024 Di Nusa Dua Bali

“Seperti diawali dengan memberikan contoh gerakan agar dapat dilihat dan diikuti oleh seluruh santri, selanjutnya kami beri instruksi dan menilai gerakannya jika masih salah akan kita koreksi dan diulangi lagi sampai benar,” terangnya.

Terpisah, Komandan Kodim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan S.IP, mengatakan bahwa kedisiplinan bagi para santri/santriwati merupakan modal dasa sebagai bentuk kedisiplinan yang harus di tanamkan di lembaga pendidikan agar memiliki pribadi yang kuat dan percaya diri serta berjiwa nasionalisme.

“Mari kita tanamkan disiplin sejak dini kepada anak-anak kita baik di sekolah sekolah maupun Ponpes melalui pelatihan dasar PBB, nilai nilai kebangsaan dan bela negara,” terang Dandim.

BACA JUGA :  Melalui Program Praja Raksaka Peduli Rakyat, Kodim 1609/Buleleng Rehab Tiga Unit RTLH

Harapannya agar kedepan bisa memiliki penerus perjuangan bangsa yang memiliki jiwa patriot, cinta tanah air, rela berkorban serta memiliki jiwa juang yang tangguh dalam mempertahankan keutuhan NKRI.

Penulis: Kodim 1620/LotengEditor: Aly
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *