Oknum Satpol PP Jaksel Diduga di Balik Berdirinya Papan Reklame di Zona Kendali Ketat Jalan Buncit Raya

  • Bagikan
Papan reklame di sepanjang Jalan Warung Buncit Raya, Jakarta Selatan. (Foto: tim)

JAKARTA – Sejumlah papan reklame yang berada di sepanjang di jalan Warung Buncit Raya, Mampang, Jakarta Selatan diduga berdiri menyalahi aturan. Pasalnya, papan-papan reklame itu berdiri pada kawasan kendali ketat reklame.

Meski demikian, papan-papan reklame tersebut hingga kini belum ada tindakan penertiban atau pembongkaran dari instansi terkait dalam hal ini Satpol PP Kota Jakarta Selatan.

Berdasarkan sumber, diperoleh keterangan bahwa papan-papan reklame tersebut ‘dipelihara’ oleh oknum Satpol PP Jakarta Selatan. “Reklame-reklame itu yang saya tahu memang ada oknum Satpol PP di belakangnya,” ujar sumber yang enggan disebutkan namanya, Selasa (7/11/2023).

Sumber juga mengatakan, jika papan reklame yang ada di zona kendali ketat atau rendah, tapi masih menggunakan kerangaka tiang tunggal biasanya dipelihara oleh oknum Satpol PP. Meski demikian, sumber tidak mau menyebut siapa oknum Satpol PP yang ‘bermain’ di belakang berdirinya papan-papan reklame yang melanggar aturan itu.

BACA JUGA :  Ciptakan Kota Indah, Pol PP Denpasar Tertibkan Reklame Banner Kedaluwarsa

Berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta No. 100 Tahun 2021 tentang petunjuk pelaksanaan penyelenggaraan reklame disebutkan bahwa di wilayah Provinsi DKI Jakarta ada tiga zona kawasan yang mengatur soal tentang pemasangan reklame yakni kawasan ketat, sedang dan khusus.

Dalam Pergub Nomor 100 tahun 2021 juga dijelaskan, perletakan titik reklame hanya boleh pada dinding bangunan dan di atas bangunan, yaitu berupa elektronik/digital, papan (billboard), neon box dan neon sign, jika menggunakan lampu, harus menggunakan metode pencahayaan dan dalam (back lighting).

Sementara untuk reklame yang didirikan di halaman bangunan hanya boleh menyajikan nama gedung, pengenal usaha, profesi, dan identitas/logo yang beraktivitas di bangunan gedung yang ada reklamenya.

BACA JUGA :  Polda Metro Jaya Siap Tertibkan Pelat RFP dan RFS di Operasi Patuh Jaya 2023

Diberitakan sebelumnya, papan-papan reklame yang berada di sepanjang Jalan Warung Buncit Raya masih menggunakan kerangka tunggal. Bukan itu saja bahkan sebagian masih menggunakan lampu luar dan papan reklame itu juga terpantau melebihi sempadan jalan.

Menanggapi hal itu, aktivis dan pemantau kebijakan publik, Darsuli, S.H menegaskan, bahwa pemerintah provinsi DKI Jakarta harus bertindak tegas dengan cara menertibkan reklame-reklame tersebut.

“Jelas itu telah melanggar Peraturan Gubernur dan harus segera ditertibkan atau dibongkar,” ujar Darsuli, SH, Sabtu (4/11/2023).

Menurutnya, jika memang papan-papan reklame yang ada di sepanjang Jalan Warung Buncit Raya tidak sesuai dengan ketentuan Peraturan Gubernur bisa dikatakan ilegal.

Ia juga berharap kepada Satpol PP Provinsi DKI Jakarta untuk segera menertibkan atau membongkar bangunan papan reklame yang diduga melanggar itu.

BACA JUGA :  Mutasi Polri, Posisi Kapolda Metro Jaya Bakal Dipimpin Deputi Penindakan KPK

“Kami berharap kepada Satpol PP untuk segera membongkar papan reklame yang ada di sepanjang jalan Warung Buncit Raya itu,” tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *