Prank Polisi Soal Kasus KDRT, Baim Wong Bisa Kena Pidana

  • Bagikan
Pasangan selebritis Paula Verhoeven dan Baim Wong. (Foto: Dok. MPI)

JAKARTA- Selebritis Baim Wong kembali menuai sorotan lantaran membuat konten prank lapor kasus KDRT ke polisi bersama istrinya, Paula Verhoeven. Polisi mengingatkan Baim Wong bisa terkena pidana soal laporan palsu.

“Mengarah (ke pasal) 220 soal laporan palsu. Pidana itu karena kan dia bohong, lain kalau betulan,” ujar Plt Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi saat dikonfirmasi, Senin (3/10/2022).

Nurma mengakui perbuatan Baim Wong itu hanya prank belaka. Namun, dia menegaskan laporan ke polisi tidak boleh untuk main-main.

Adapun bunyi pasal 220 KUHP tersebut, barangsiapa memberitahukan atau mengadukan bahwa telah dilakukan suatu perbuatan pidana, padahal mengetahui bahwa itu tidak dilakukan, diancam dengan pidana penjara paling lama 1 tahun 4 bulan.

BACA JUGA :  Polisi Tegaskan Kasus KDRT Rizky Billar Tidak Otomatis Selesai Usai Pencabutan Laporan oleh Lesti Kejora

“Dia telah melakukan pemalsuan laporan, itu kan bohong walaupun bilangnya prank. Kan tidak bisa main-main, apalagi kejadiannya bohong,” ujar Nurma.

Sebelumnya, Baim Wong mengunggah video prank polisi terkait kasus kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT. Video tersebut berjudul ‘Baim KDRT, Paula Jalani Visum. Nonton video ini sebelum di takedown’.

Pada awal video, terlihat Paula berpura-pura menjadi korban KDRT dan bertanya kepada pihak kepolisian tentang apa yang harus dilakukan. “Ceritanya kita bilang maaf yah,” kata Baim pada kameramen ketika pura-pura menelepon Paula yang sedang melapor ke polisi.

Ketika Baim menelepon, Paula segera mengangkatnya dan Baim berpura-pura meminta maaf. Namun, tidak lama kemudian Paula mematikannya. Saat berpura-pura meminta maaf kepada Paula yang juga pura-pura ingin melakukan laporan, Baim terlihat di video sedang tertawa lepas.

BACA JUGA :  Pengacara Rizky Billar Minta Restorative Justice Usai Kantongi Surat Damai Lesti Kejora

Kemudian Paula pun menanyakan bagaimana tata cara melaporkan apabila terjadi tindak KDRT kepada polisi yang bertugas

“Prosesnya itu melapor dulu atau visum atau gimana pak?” ujar Paula dengan langsung diberikan penjelasan oleh polisi. Setelah itu, di akhir video, Baim Wong langsung turun dari mobil dan berkata pada pihak yang berwajib bahwa mereka hanya ingin tahu.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *