Sambut Pejabat Baru Danrem, Korem 163/Wira Satya Gelar Tradisi Tepung Tawar

  • Bagikan

DENPASAR – Pejabat Baru Danrem 163/Wira Satya, Kolonel Inf Choirul Anam, S.E., M.M., mendapatkan penyambutan Tradisi Tepung Tawar, pada Kamis (15/03/2022) bertempat di depan Lobi Makorem 163/Wira Satya.

Acara Tradisi Tepung Tawar ini merupakan tradisi satuan yang sudah berlangsung rutin setiap ada pejabat baru yang akan memimpin satuan Korem 163/WSA.

Kegiatan dimulai dari kedatangan pejabat baru melalui Pintu 1 Makorem 163/Wira Satya menuju depan Lobi Makorem untuk prosesi Tradisi Tepung Tawar yang dipandu atau dipimpin oleh Pemuka Agama Hindu Makorem 163/Wira Satya Pinandita Letda Inf I Nyoman Wardika.

Makna dari Tradisi Tepung Tawar adalah sebagai penghormatan terhadap warga baru atau tamu (Atiti Pranam) dengan harapan akan tercipta hubungan harmonis antara manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa, sesama manusia dan alam semesta sesuai konsep Tri Hita Karana.

BACA JUGA :  Hadiri Peringatan Lesbumi, Danramil 07/Denbar Ajak Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama

Acara Tepung Tawar kepada Pejabat Baru Danrem 163/Wira Satya beserta istri dilaksanakan dengan makna pensucian diri secara lahiriah dan bathiniah.

Prosesi Tradisi Tepung Tawar ditandai dengan memoleskan tepung tawar pada tangan, badan dan kaki Pejabat Baru Danrem 163/Wira Satya dan istri dengan makna simbol Dewa Siwa yang memiliki tugas sebagai pelebur atau pembersihan serta memberikan aura kesucian (semuanya dari Tuhan Yang Maha Esa, dan nantinya akan kembali ke asalnya).

Sedangkan, pemakaian Benang Tri Datu diikat di tangan kanan yang memiliki Aksara Aum Terdiri dari Ang simbul Dewa Brahma (warna merah), Ung Simbul Dewa Wisnu (Warna Hitam), Mang Simbul Dewa Siwa (Warna Putih) sebagai Pengikat Persatuan dan Kesatuan.

BACA JUGA :  Jelang Kenaikan BBM, Kodam Jaya akan Bersinergi dengan Polda Metro Jaya Jaga Keamanan

Terakhir Pemercikan Air Suci perlambang Dewa Kesucian yang memberikan aura kesejukan, ketenangan dan arah kepada setiap insan ciptaan Tuhan dengan harapan dalam pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan tenang seperti air mengalir.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kasrem 163/Wira Satya, Para Kasi Kasrem 163/Wira Satya, Para Dandim Jajaran Korem 163/Wira Satya, Para Dan/Ka Balak Aju Rem 163/Wira Satya,Ibu Persit KCK Koorcab Rem 163/Wira Satya, serta Seluruh Anggota Korem 163/Wira Satya.

Penulis: Penrem 163/Wira SatyaEditor: Aly
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *