Sandiaga Uno Apresiasi Layanan Pemeriksaan Imigrasi Bandara Ngurah Rai

  • Bagikan

BALI – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi layanan keimigrasian Kanim Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai yang memberikan Pelayanan yang sangat cepat dan lancar dalam menyambut wisatawan mancanegara di Provinsi Bali.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Parekraf yang didampingi Wakil Gubernur Bali Cok Ace melalui Press Conference dengan sejumlah media di Bandara Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, pada Minggu (10/4/2022).

Sandiaga Uno sebelumnya melaksanakan rangkaian kunjungan kerja ke Australia untuk pemulihan sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pada tanggal 5 sampai dengan 10 April 2022. Menteri Parekraf mengakhiri kunjungan kerjanya di Australia dan kembali ke tanah air melalui Pintu Masuk Denpasar Bali dengan Maskapai Penerbangan Jetstar JQ37 SYD-DPS bersama 335 wisatawan mancanegara yang tergambar dari Jumlah Full Seat pada penerbangan Jetstar bertipe Boeing 787-8 Aircraft.

BACA JUGA :  Perahu Rafting Terbalik Saat Hujan Lebat, Seorang Turis Amerika Hilang di Sungai Ayung

Dalam sambutannya Sandiaga Uno menuturkan, dirinya telah melihat bahwa pasar Australia sudah sangat siap dan antusias untuk datang ke Bali. Antusiasme ini harus ditangkap cepat, karena pemulihan ekonomi khususnya Bali dan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif harus segera kembali.

“Apalagi alur masuk yang sudah sangat mudah dimulai dari Pemeriksaan Kesehatan pada aplikasi PeduliLindungi, Proses Imigrasi yang sangat lancar hingga proses pemeriksaan Bea dan Cukai yang cepat,” ucap Sandiaga Uno.

Menteri Parekraf juga mengajak maskapai penerbangan untuk menambah penerbangan rute Australia – Bali. “Saya juga telah berbicara dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengenai upaya penambahan penerbangan dari Australia,” terang Sandiaga Uno.

Dalam kesempatannya Wakil Gubernur Bali Cok Ace menyampaikan apresiasi, penghargaan dan terima kasih setinggi-tingginya kepada Menteri Parekraf beserta seluruh jajarannya yang telah memberikan perhatian luar biasa kepada masyarakat Bali. Hal ini terbukti dari beberapa kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Menteri Parekraf sehingga sedikit demi sedikit Kehidupan Pariwisata di Bali mulai kembali normal.

BACA JUGA :  Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Global Tourism Forum 2022 November Mendatang

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Bali, Jamaruli Manihuruk didampingi Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai I Nyoman Gede Surya Mataram menyampaikan, bahwa jajarannya sudah sangat siap dalam menghadapi kedatangan para wisatawan.

“Kami menyiapkan sebanyak 16 konter pemeriksaan, di mana setiap konternya terdapat 2 orang petugas imigrasi dengan demikian akan ada sejumlah 32 orang petugas pemeriksaan dengan estimasi waktu pemeriksaan perorang maksimal 1 menit sehingga dalam waktu 1 jam bisa menyelesaikan 1920 penumpang,” ucap Jamaruli Manihuruk.

jamaruli juga menyebutkan beberapa kebijakan mengenai kemudahan yang dikeluarkan Direktur Jenderal Imigrasi dalam rangka mendukung pariwisata yaitu salah satunya adalah pemberian Visa Kunjungan Saat Kedatangan khusus Wisata (Visa On Arrival / VOA).

BACA JUGA :  Tabebuya Resto and Resort Tempat Favorit Wisata di Jepara

“Kita sama-sama berharap dengan penerapan aturan ini dapat membangkitkan kembali perekonomian di Bali dan dengan dimudahkannya pengurusan Visa seperti ini kita harapkan akan lebih banyak wisatawan asing yang berkunjung ke Bali, sehingga sektor pariwisata dapat bangkit kembali,” tutup Jamaruli Manihuruk.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *