Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Berikan Pengetahuan Pengolahan Buah Kelapa

  • Bagikan

Sambas, Kalbar – Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns melakukan anjangsana ke rumah warga dan membantu cara pengolahan buah kelapa usaha home industri di Dusun Sempadan, Desa Temajuk, Kec. Paloh, Kab. Sambas.

Demikian dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau, pada selasa (15/02).

Dansatgas mengungkapkan, kegiatan anjangsana ke rumah Bapak Tapa (46Th) merupakan seorang petani kelapa, apalagi dimasa pandemi Covid-19 ini penghasilannya menurun dikarenakan daya beli masyarakat juga menurun.

“Personil Pos Temajuk, membantu mengenalkan pengolahan kelapa yang tidak hanya di konsumsi airnya saja tetapi juga pengolahan  buah kelapa dalam bentuk lain seperti kopra yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi”, ucap Hendro.

BACA JUGA :  Pangdam IX/Udayana Terima Audiensi Regional CEO Bank Mandiri XI Bali-Nusra

Hendro juga menyampaikan, Kopra merupakan salah satu produk turunan kelapa yang sangat penting, karena merupakan bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Untuk membuat kopra yang baik diperlukan kelapa yang telah berumur sekitar 300 hari dan memiliki berat sekitar 3-4 kg.

“Tugas kami di perbatasan tidak hanya mengamankan perbatasan saja tetapi juga bisa menjadi manfaat dan menjadi solusi dari segala kesulitan masyarakat di sekitar pos,” ujarnya

Terpisah Danpos Temajuk Letda Inf Baso Djufri mengatakan kegiatan anjangsana ini sebagai bentuk kepedulian Satgas Pamtas dalam melihat kondisi perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dengan memberikan pengetahuan baru yang diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan perekonomiannya.

BACA JUGA :  Mantapkan Rencana Pengamanan dan Evakuasi, Kodam IX/Udayana Gelar TTX Presidensi G20

“Buah kelapa sangat banyak manfaatnya diantaranya adalah dalam pengolahan buah kelapa menjadi kopra yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi,” ujar Danpos.

Sementara itu bapak Tapa mengaku sangat senang atas pengetahuan yang diberikan, “Terima kasih bapak-bapak TNI selalu membantu kami disini, semoga pengetahuan yang diberikan menjadi ladang amal bagi bapak-bapak sekalian,” ucap Tapa (Pen Satgas Pamtas 643)

Editor: Aly
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *