Jokowi: Pusing, Perang Membuat Pusing Negara

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo (Foto: Antara)

SOLO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan perang mempersulit pengelolaan ekonomi. Menurutnya, perang Rusia-Ukraina telah memicu lonjakan harga minyak mencapai US$130 per barel.

Selain itu, perang di Eropa Timur telah memicu lonjakan harga pangan. Dia menyebut harga makanan di Rusia naik 12 persen, di Amerika Serikat 6,9 persen, dan di Turki 3 persen.

Mantan Wali Kota Solo itu berkata ancaman serupa membayangi Indonesia. Namun, pemerintah masih terus berupaya mencegah kenaikan harga terjadi.

Jokowi mengatakan perang antara Ukraina dengan Rusia membuat semua negara pusing.

Dia berkata kondisi ini memperparah ketidakpastian yang sudah terjadi karena revolusi industri 4.0 dan pandemi Covid-19.

Jokowi mengaku dihubungi oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida beberapa hari lalu. Dia bilang para pemimpin dunia mengeluhkan hal yang sama.

BACA JUGA :  Tak Punya Sawah, Pemprov DKI Ekspor 19 Ton Beras ke Arab Saudi

“Tambah pusing kita semuanya. Semua negara tambah pusing, semuanya. Pusingnya belum reda, tambah lagi ada perang, sudah bertubi-tubi,” kata Jokowi dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Sebelas Maret di Solo, Jumat (11/3).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *