Korut Umumkan Kasus Pertama Covid-19 Setelah 3 Tahun Pandemi Berlangsung

  • Bagikan
Korut Umumkan Kasus Pertama Covid-19 Setelah 3 Tahun Pandemi Berlangsung (Foto: Reuters)

KOREA UTARA – Korea Utara (Korut) mengumumkan kasus pertama Covid-19 setelah tiga tahun pandemi berlangsung

Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un memerintahkan penutupan wilayah (lockdown) nasional secara ketat setelah pemerintahannya mengonfirmasi kasus Covid-19 pertama pada Kamis (12/5).

“Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un menyerukan semua kota dan kabupaten di seluruh negeri benar-benar mengunci wilayah mereka,” bunyi laporan kantor berita pemerintah Korut, KCNA.

KCNA memaparkan seluruh pabrik, badan usaha, hingga rumah warga harus lockdown dan ditata ulang secara sempurna guna menghentikan “penyebaran jahat” virus corona.

Pyongyang langsung mengumumkan insiden ini sebagai “darurat nasional yang parah” setelah tiga tahun mengklaim berhasil mencegah kemunculan virus corona.

KCNA mengatakan sampel yang diambil dari pasien yang sakit demam di Pyongyang pada Minggu pekan lalu “konsisten dengan” Covid-19 varian Omicron yang sangat mudah menular.

BACA JUGA :  Bertemu Jokowi, EC Hyundai Korea akan Ekspansi Mobil Listrik di Indonesia

Pejabat tinggi negara itu, termasuk Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un, langsung mengadakan pertemuan darurat politbiro untuk membahas wabah Covid-19 yang baru muncul di Korut ini.

Pemerintah Korut mengumumkan mereka akan menerapkan sistem pengendalian virus “darurat maksimum”.

Korut memastikan seluruh kegiatan bisnis dan produksi akan diisolasi demi mencegah penyebaran penyakit.

Dikutip AFP, negara bersenjata nuklir yang tengah terpuruk dengan krisis ekonomi dan pangan ini masih menutup rapat wilayahnya dari dunia luar sejak awal pandemi Covid-19 menyebar sekitar awal 2020.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Korea Utara pada akhir 2020 telah melakukan 13.259 tes Covid-19 dan semuanya negatif.

Analis khawatir sistem kesehatan Korea Utara yang bobrok harus mati-matian untuk mengatasi wabah virus Covid-19 yang baru muncul ini.

BACA JUGA :  Jelang MotoGP 2022, Pemprov NTB Dorong Percepatan Vaksinasi Booster
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *