Pangdam IX/Udayana Hadiri Syukuran HUT ke 78 Zeni Angkatan Darat di Yonzipur 18/YKR

  • Bagikan

Gianyar – Zeni Angkatan Darat memiliki peran penting, tidak hanya dalam mendukung tugas pokok TNI AD melainkan juga membantu program pembangunan yang dijalankan pemerintah termasuk dalam hal penanggulangan bencana alam. Di samping itu, Zeni merupakan salah satu Korps tertua di jajaran TNI Angkatan Darat, yang dibentuk hanya berselang 2 (dua) bulan pasca Proklamasi Kemerdekaan.

Demikian disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., dalam sambutannya saat menghadiri acara Syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Zeni Angkatan Darat Tahun 2023, bertempat di Markas Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 18/Yudha Karya Raksaka, Gianyar, pada Rabu 18 Oktober 2023.

“Sehubungan dengan syukuran ulang tahun kali ini, saya selaku Pangdam IX/Udayana maupun pribadi mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh warga Korps Zeni, diiringi doa dan harapan semoga momen ulang tahun ini dapat dijadikan sebagai sarana introspeksi dan evaluasi terhadap semua kegiatan yang telah dilaksanakan selama kurun waktu satu tahun terakhir,” ucap Pangdam.

BACA JUGA :  Sambangi Pasukan di Lokasi, Letkol Suhendar Tegaskan TMMD Tugas Mulia

Lebih lanjut disampaikan Pangdam, bahwa Zeni atau Genie menggambarkan sebagai sosok prajurit yang jenius, pandai dan terampil dalam menerapkan berbagai hal guna mendukung pencapaian tugas pokok yang diembannya. “Mengingat sangat pentingnya keberadaan satuan Zeni, maka saya berharap seluruh warga Korps Zeni untuk terus meningkatkan kualitas pengabdian melalui kesungguhan serta ketulusan dalam belajar, berlatih dan bertugas sebagai bagian dari benteng NKRI,” harap Pangdam.

Mengusung tema ‘Zeni Angkatan Darat Patriot NKRI’, peringatan HUT Korps Zeni Angkatan Darat kali ini juga diharapkan menjadi sumber inspirasi sekaligus memotivasi semangat pengabdian segenap warga Korps Zeni, sehingga mampu mewujudkan makna sesanti Yudha Karya Satya Bhakti, yakni mengabdi dengan kesetiaan terhadap tugas di masa perang maupun di masa damai, demi keberhasilan tugas pokok TNI AD.

BACA JUGA :  Maksimalkan Pengamanan G20, Danpuspomad Kunjungi Kodam IX/Udayana

Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa dan pemotongan tumpeng oleh Pangdam IX/Udayana didampingi Kazidam IX/Udayana dan Danyonzipur 18/YKR, diberikan kepada prajurit Korps Zeni tertua yang diwakilkan oleh Serma I Ketut Artawan dan Prajurit termuda Prada I Made Darmadi. Kemudian, Pangdam IX/Udayana dan Ketua Persit KCK PD IX/Udayana menuliskan kesan dan pesan untuk Satuan Yonzipur 18/Yudha Karya Raksaka.

Selanjutnya saat acara ramah tamah dan hiburan, ditampilkan Senam Kreasi Persit Zidam IX/Udayana dan Yonzipur 18/YKR. Hadir dalam acara tersebut diantaranya Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Kabintaldam IX/Udayana, Dandim 1616/Gianyar, para Sesepuh Zeni AD, Pengurus Persit KCK PD IX/Udayana, serta undangan lainnya. (Pendam IX/Udy)

BACA JUGA :  Pam VVIP Kodam IX/Udayana Sukseskan Agenda Presiden RI di Lombok dan Bali
Penulis: Pendam IX/UdyEditor: Arby Wibowo
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *