Pemilu Serentak 2024, KPU RI Resmi Luncurkan Hari Pemungutan Suara

  • Bagikan

JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum  Republik Indonesia (KPU RI) Ilham Saputra, bersama Anggota KPU RI secara resmi telah meluncurkan dan menetapkan “Hari dan Tanggal Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024”, yaitu Rabu, 14 Februari 2024, di Gedung KPU RI, pada Senin (14/2).

Ilham Saputra, mengatakan peluncuran hari dan tanggal Pemilu serentak Tahun 2024  telah dituangkan dalam Keputusan KPU RI Nomor 21 Tahun 2022, menjadi momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia dan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga memahami dan ikut berpartisipasi dalam setiap tahapan.

“Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 menargetkan publikasi seluas-luasnya kepada masyarakat di seluruh Indonesia,” ujarnya

Ilham juga menyampaikan, peluncuran hari pemungutan suara itu, tentunya juga menjadi sarana sosialisasi kepada masyarakat agar paham dan ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024.

Apalagi, tahapan pemilu bakal dimulai pada Juni 2022 dan hasil Pemilu serentak dapat dipercaya dan diakui oleh seluruh rakyat Indonesia. Sehingga proses demokrasi Indonesia dapat terus berjalan dan sehat. 

BACA JUGA :  Mulai Besok Komisi III DPR RI Berlakukan Lockdown Pasca Sejumlah Pegawai Positif Covid-19

“Dengan dilaksanakannya kegiatan hari ini kita berharap agar masyarakat mengetahui dan mengikuti kegiatan pelaksanaan Pemilu serentak 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024,” kata Ilham.

Kemudian ilham berharap “Semoga apa yang kita pikirkan bersama, apa yang kita impikan bersama untuk mewujudkan demokrasi yang kuat Indonesia melalui pemilu yang berintegritas dan profesional dan pemilu yang jujur adil dan bermartabat bisa kita laksanakan,” harapannya.

Kesuksesan pemilu yang diimpikan oleh rakyat Indonesia, baru bisa diwujudkan kalau seluruh elemen secara bersama-sama dan bekerjasama dari semua pihak baik Pemerintah, KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), partai politik, stakeholder terkait hingga masyarakat Indonesia.

“Dengan begitu, kita bisa mewujudkan Pemilu ke depan bisa berjalan dengan damai serta berlangsung dengan jujur, adil, aman dan sentosa, saya kira itu,” ujar Ilham.

Peluncuran hari pemungutan suara Pemilu Serentak 2024, Senin malam, bertepatan dengan dua tahun sebelum hari pemungutan suara digelar. Pada dua tahun ke depan, berbagai tahapan pemilu akan digelar, seperti soal Daftar Pemilih Tetap (DPT), teknis pemilu, pendaftaran calon peserta pemilu, verifikasi calon peserta pemilu, penetapan calon peserta pemilu, hingga kampanye.

BACA JUGA :  Mahfud MD Minta Instansi Pemerintah Tunda Halal Bihalal hingga Pekan Kedua Usai Idul Fitri 2023

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua, Anggota dan Sekretaris Jenderal KPU RI dan Pejabat Eselon I dan II, Anggota Bawaslu RI, Ketua DKPP, Plt Sekjen Kemendagri, Sekjen DPD dan pimpinan partai politik tingkat pusat atau yang mewakili, NGO, pegiat pemilu dan media massa. Acara ini juga diikuti secara serentak oleh KPU provinsi/KIP Aceh, KPU/KIP Kabupaten/kota serta Stakeholder terkait secara daring.

Editor: Aly
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *