Penuhi Kebutuhan Pengemudi Dalam Negeri, GOTO dan TOBA Siap Pasok 2 Juta Motor Listrik

  • Bagikan
Ilustrasi cas motor listrik. (Foto: APHIT McKlein)

JAKARTA-Perusahaan patungan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA), Electrum, menargetkan dapat memasok 2 juta unit motor listrik untuk kebutuhan pengemudi di dalam negeri. Hal ini dilakukan demi membantu Gojek mencapai tujuan bersih nol emisi karbon.

Dilansir dari Nikkei Asia, Kamis (22/9), perusahaan baru ini juga bermaksud untuk membantu memperluas ekosistem kendaraan listrik yang sedang berkembang di Indonesia dengan memanfaatkan kehadiran Gojek secara nasional dan keahlian energi TOBA.

Presiden Direktur Electrum dan Wakil Presiden Direktur TOBA Pandu Sjahrir mengatakan pihaknya terus membuka strategi demi beralih ke solusi yang inovatif. Hal ini juga sebagai bentuk antisipasi perubahan iklim.

BACA JUGA :  Disperindag Denpasar Pastikan Stok Minyak Goreng Cukup untuk 6 Bulan

Elektrum yang juga mengoperasikan 13 stasiun penukaran baterai di Jakarta telah memasok 300 motor listrik untuk Gojek.

“(Itu) adopsi yang sangat cepat. Artinya ada kesesuaian produk-pasar yang baik, orang suka menggunakan (motor listrik ini),” ujar Pandu.

Ia juga mengatakan harga BBM yang semakin mahal akan meningkatkan daya tarik kendaraan listrik. Meski target Gojek mengubah kendaraan menjadi bertenaga listrik 100 persen pada 2030, pandu optimis tujuan itu tercapai lebih cepat.

Lebih lanjut, Pandu menyebut kenaikan harga BBM belum memberikan dampak pada bisnis ojek online (ojol). Menurutnya, seiring waktu kenaikan harga bahan bakar ini bisa mendorong masyarakat beralih ke motor listrik.

“Tetapi seiring waktu, (dengan) lebih banyak kenaikan harga bahan bakar, akan ada lebih banyak pergerakan ke kendaraan listrik, hanya karena harganya jauh lebih murah,” kata dia.

BACA JUGA :  Bamsoet Dorong Pemerintah Agar Robot Trading dan Kripto Diregulasi

Pada Februari lalu, Electrum menjalin kemitraan dengan PT Pertamina (Persero) dan Gogoro. Gogoro sendiri merupakan pembuat motor listrik untuk meningkatkan infrastruktur electric vehicle (EV) negara Asia Tenggara dan memasok kendaraan non-emisi ke Gojek.

Kolaborasi tersebut termasuk e-bikes Gesits, yang dibuat oleh Wika Industri Manufaktur milik negara.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.