Perbaiki Jalan Rusak di Lampung, Pemerintah Pusat Siapkan Anggaran Rp800 M

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo melintasi jalan rusak parah di Lampung. (Foto: Tangkapan layar)

LAMPUNG- Presiden Joko Widodo atau Jokowi berjanji akan mengucurkan anggaran Rp800 miliar untuk memperbaiki jalan rusak di Lampung. Ini disampaikan Jokowi usai mengecek langsung jalan rusak di Lampung.

“Tahun ini pemerintah pusat, khusus untuk Lampung akan mengucurkan anggaran kurang lebih Rp800 miliar untuk 15 ruas jalan,” kata Jokowi di Lampung, Jumat (5/5).

Jokowi mengatakan, pemerintah bertanggung jawab atas kondisi jalan yang ada. Khusus jalan nasional menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Sementara jalan provinsi dan kabupaten masing-masing menjadi urusan gubernur dan bupati.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkap alasan mengambil alih perbaikan jalan di Lampung. Menurutnya, jalan di Lampung sudah rusak sejak lama dan tidak mendapat perhatian pemerintah daerah.

BACA JUGA :  Jokowi: Tol Manado-Bitung Sepanjang 39,8 KM Siap Beroperasi

“Karena memang sudah lama, ya akan diambil alih oleh pemerintah pusat,” ujarnya.

Bukan Karena Viral

Jokowi menegaskan keputusannya mengambil alih perbaikan jalan di Lampung bukan karena viral di media sosial. Kondisi jalan rusak di Lampung viral di media sosial usai mendapat kritikan dari Tiktoker Bima Yudho Saputro.

“Bukan viral atau tidak, enggak ada,” tegas Jokowi.

Dia mengatakan, sudah menjadi tugas pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur. Pemerintah memiliki tanggung jawab memberikan pelayanan kepada masyarakat, termasuk menyediakan jalan yang baik.

“Itu menyangkut mobilitas barang dan mobilitas orang, dan menyangkut juga biaya logistik, ongkos logistik. Kalau ongkos logistik karena jalannya rusak menjadi tinggi, produk itu enggak bisa bersaing,” kata Jokowi.(*)

BACA JUGA :  Melalui Bandara Soetta, Pembalap MotoGP Tiba di Indonesia
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *