Ratusan Pemuda Bali-Nusra Ikuti Sidang Pantukhir Komcad di Rindam IX/Udayana

  • Bagikan

Tabanan – Komponen Cadangan (Komcad) adalah Sumber Daya Nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama yaitu TNI. Komcad bukan wajib militer karena pendaftarannya dibuka secara sukarela, dan penggunaan Komcad hanya pada saat mobilisasi oleh Presiden dengan persetujuan DPR RI.

Pemerintah telah membuka pendaftaran Komcad tahun 2023 secara online sejak 2 Januari sampai dengan 14 April 2023 dan dilanjutkan dengan seleksi kompetensi sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

Terkait hal tersebut, Kodam IX/Udayana dipercaya menjadi salah satu wilayah dan tempat untuk melaksanakan perekrutan sekaligus mendidik Komcad Matra Darat. Diamana pada Jumat (5/5/2023) digelar sidang pantukhir penerimaan Komponen Cadangan Matra Darat TA. 2023 yang dilaksanakan di Aula Ngurah Rai Rindam IX/Udayana, Jalan Piere Tendean, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.

BACA JUGA :  Pohon Tumbang Timpa Mobil, Koramil Dan Instansi Terkait Di Nusa Penida Bergerak Cepat

Dalam sidang yang dipimpin oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono, S.H., M.Si., M.Tr.(Han) tersebut diikuti oleh 750 pemuda dari Provinsi Bali, NTB dan NTT yang sebelumnya telah lolos uji kompetensi dengan mengikuti sejumlah persyaratan tes yang meliputi administrasi, kesehatan, jasmani dan psikologi.

Dalam pelaksanaan parade kali ini, tim harus bekerja dengan optimal dengan mempertimbangkan hasil seleksi sehingga dapat diambil keputusan yang adil, jujur, obyektif, transparan guna menetapkan sebanyak 500 calon terbaik dan harus berorientasi pada kepentingan bela negara. Hal ini dilakukan sebagai upaya memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu untuk melaksanakan tugasnya sebagai Komponen Cadangan Matra Darat.

Seleksi Komcad hampir serupa dengan seleksi penerimaan calon Prajurit TNI AD, dengan harapan mendapatkan personel Komponen Cadangan yang berkualitas dan berkarakter.

BACA JUGA :  President Visits Work to Pura Agung Besakih and TPST Kesiman, Pangdam Assures Pam VVIP Runs Safely

Dalam sidang penentuan akhir penerimaan Komponen Cadangan Matra Darat TA. 2023 di Kodam IX/Udayana yang dipimpin Kasdam IX/Udayana tersebut dihadiri baik oleh panitia seleksi pusat maupun daerah. (Pendam IX/Udy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *