Rayakan Harlah ke-43, HWK Sumbar Siap Dukung IMLF II Tahun 2024

  • Bagikan
Suasana Charity Shop di perayaan Harlah ke-43 Himpunan Wanita Karya Sumatera Barat. (Dok. Istimewa)
Suasana Charity Shop di perayaan Harlah ke-43 Himpunan Wanita Karya Sumatera Barat. (Dok. Istimewa)

Garudanews.co.id, Padang – Himpunan Wanita Karya Sumatera Barat (HWK Sumbar) memasuki Hari Lahir (Harlah) ke-43. Organisasi sosial tersebut merayakan ulang tahunnya dengan serangkaian acara pada 29 – 31 Maret 2024 di Teras Talenta, Jalan Cindua Mato No. 13, Padang.

Ketua HWK Sumbar, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum. yang juga sebagai Peiser di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) saat diwawancarai pada Senin (1/4/2024) mengatakan, HWK Sumbar pada momen perayaan Harlah ke-43 mendeklarasikan kesiapannya untuk mendukung pelaksanaan International Minangkabau Literacy Festival (IMLF) ke-2. Kegiatan tersebut akan digelar pada 8 – 12 Mei 2024.

“Selain berpartisipasi pada IMLF ke-2 Tahun 2024, HWK Sumbar juga akan menggelar Sumbar Talenta 16, Muhibah Budaya, Bazaar, dan Musda,” kata Zusneli Zubir.

Harlah ke-43 HWK Sumbar mengangkat tema Kita Tingkatkan Peran Wanita dalam Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya. Berbagai kegiatan meramaikan perayaannya, seperti: Seremonial Hari Ulang Tahun, Charity Shop, dan Kunjungan ke Panti Asuhan.

Acara seremonial tersebut dihadiri oleh Sastri Bakry, Zusneli Zubir, Ranti, Era Yunus, Yanti, Rina, Suharti, Andriati, Yasnida Syamsuddin, Kartini Tume, Marniyeti Liberty, Chairita, Dian Anggraini, Nuraida, Eka Teresia, Fahyu Yetti, Raden Rita Maimunah, dan para tamu undangan.

BACA JUGA :  Ini Loh Cara Jitu Untuk Menghilangkan Pusing Kepala

Ketua Pelaksana Perayaan Harlah ke-43 HWK Sumbar, Hj. Zahara, S.Pd. pada kesempatan yang sama mengatakan, “Sosial, ekonomi, dan budaya tidak bisa lepas dari hidup dan kehidupan. Apapun profesinya, perempuan tidak bisa pula lepas perannya sebagai seorang ibu, bundo kanduang, limpapeh rumah gadang, tampek baiyo babarito.”

Zahara juga mengatakan bahwa perayaan Harlah ke-43 HWK Sumbar dibuka dengan acara seremonial pada Jumat (29/3/2024). Seremonial tersebut dipandu oleh Yanti Zen, dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian Hymne HWK Sumbar, Marniyeti sebagai konduktornya, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Panitia, dan Ketua DPD HWK Sumbar Drs. Zusneli Zubir, M. Hum.

Dewan Kebijakan DPD HWK Sumbar, Dra. Hj. Sastri Yunizarti Bakry, Akt, M.Si, CIA. yang turut memberikan kata sambutan, secara resmi membuka acara perayaan Harlah tersebut. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan bersama Mars HWK Sumbar, dan doa bersama yang dipimpin oleh Kartini Tume.

BACA JUGA :  Selain Mempercantik Rumah, Ternyata 7 Tanaman Hias Ini Ampuh Usir Debu

Lebih lanjut Zahara mengatakan, “Charity Shop digelar HWK Sumbar pada perayaan harlahnya untuk membantu warga kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Melalui charity shop tersebut, HWK Sumbar menawarkan belanja murah, dengan uang Seratus Ribu Rupiah mereka bisa mendapatkan baju, tas, dan sembako, sesuai dengan kebutuhan.”

Chairita sebagai Koordinator Charity Shop tersebut mengatakan bahwa dalam acara tersebut HWK Sumbar menjual barang kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, terigu, gula, telor dan kebutuhan lainnya di bawah harga pasar. Baju, tas, sepatu layak pakai disumbangkan oleh ibu-ibu HWK Sumbar dan para dermawan. Tujuannya untuk berbagi dengan sesama, sekaligus membantu masyarakat ekonomi lemah. Charity Shop tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun, bekerjasama dengan berbagai pihak, seperti: Yayasan Talenta Indonesia, Teras Talenta, dan Satu Pena Sumbar.

BACA JUGA :  Produk Sarung Bergambar Anjing Viral di Media Sosial, Faktanya?

Menanggapi 43 tahun kiprah HWK Sumbar, Sastri Bakry mengatakan luar biasa, tak banyak organisasi sosial di masa orde baru yang tetap bertahan dan berkiprah hingga sekarang. Banyak yang rontok dan tak jelas gerakannya. Sementara itu, HWK Sumbar terus bergerak sebagai organisasi pemberdayaan perempuan yang fokus pada budaya, ekonomi, dan sosial.“

“HWK Sumbar harus bergerak dengan memberdayakan anggotanya, karena itu Zusneli sebagai ketua supaya lebih tegas, jangan selalu lunak, tapi juga harus keras menghadapi orang yang tidak mendukung dan menghancurkan HWK Sumbar. Agar susu sebelanga tidak rusak karena nila setitik,” kata Sastri Bakry.

Sastri Bakry berharap kepada Ketua DPP HWK Sumbar agar merumuskan program-program kerja bersama semua pengurus dan membahas strateginya. Lalu, kawal apa yang sudah disepakati. Merawat semangat dan memotivasi anggota itu penting. Selalu fokus dan konsisten dengan pengabdian, jika HWK Sumbar akan menjadi semakin besar dan selalu menjadi terdepan di tingkat nasional.

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *