Tragedi Kanjuruhan Ubah Tata Kelola Sepak Bola Indonesia

  • Bagikan

JAKARTA – Tragedi Kanjuruhan harus menjadi titik tolak untuk memperbaiki sepak bola Indonesia menuju prestasi. Indonesia harus mengubah tata kelola, agar berujung pada naiknya peringkat Indonesia dari urutan ke-152 ke peringkat yang lebih tinggi.

Hal itu diungkapkan oleh Denny JA, Ketua Umum Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA, dalam Webinar yang membahas tragedi Kanjuruhan.

Webinar, yang diwarnai duka cita dan keprihatinan mendalam atas kasus Kanjuruhan, itu berlangsung di Jakarta, Kamis malam, 13 Oktober 2022. Diskusi dipandu oleh Anick HT dan Amelia Fitriani.

Denny JA menuturkan, organisasi sepak bola dunia FIFA telah mmbuat peringkat 20 negara berprestasi terbaik dalam sepak bola. Peringkat ini disusun berdasarkan hasil pertandingan yang diakui FIFA. Sistem peringkat FIFA dibuat mengikuti sistem Elo Rating pemain catur dunia.

BACA JUGA :  Meski Diserang Badai Covid-19, PSSI Beberkan 3 Alasan BRI Liga 1 di Bali Belum Bisa Ditunda

Per 6 Oktober 2022, tujuh negara dengan peringkat teratas FIFA adalah Brasil, Belgia, Argentina, Prancis, Inggris, Italia, Spanyol. Indonesia berada di peringkat 152, jauh di bawah.

Jika dilihat di zona ASEAN, peringkat Indonesia berada di bawah Vietnam, Thailand, Filipina, dan Malaysia. Peringkat Indonesia berada di atas Myanmar dan Singapura.

Terkait tragedi Kanjuruhan, Denny mengungkapkan, banyak korban Kanjuruhan yang mengalami pendarahan mata hingga trauma.

Dalam pendataan, korban Kanjuruhan tercatat mencapai 705 orang. Terdiri dari 130 korban meninggal dunia, dan 575 korban luka-luka. “Angka ini masih bisa berubah, karena dari yang luka itu ada yang lukanya serius,” ujar Denny.

Kondisi parah itu terlihat pada korban Fabianca Cheendy Chairun Nisa, 14 tahun. Retina matanya sampai detik ini tidak ada warna putihnya.

BACA JUGA :  Daftar 6 Negara yang Lolos Perempat Final Piala Dunia 2022, Tim Asia Tersingkir
Penulis: Danang SuwarjonoEditor: Renoto Sirengga
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *