HPN 2022, KPK: Insan Pers Miliki Andil dalam Pemberantas Korupsi

  • Bagikan
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri (Poto: istimewa)

JAKARTA –   Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan insan pers memiliki andil penting dalam upaya pemberantasan korupsi.

“Kami di KPK melihat andil dan peran nyata insan pers dari maraknya pemberitaan seputar kasus serta penanganan korupsi yang dilakukan KPK pada media massa Tanah Air. Bahkan, isu korupsi seringkali dijadikan ‘headline’ atau ‘top issue’ dalam rating media massa,” kata Firli dalam keterangannya melansir antara di Jakarta, Rabu (9/2) dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022.

Dikatakannya andil besar serta peran nyata rekan-rekan jurnalis dan media sebagai salah satu pilar demokrasi sangat dibutuhkan republik ini dalam menghadapi hingga menyelesaikan ragam permasalahan bangsa, salah satunya perilaku koruptif dan kejahatan korupsi yang telah berurat akar.

BACA JUGA :  KPK Tangkap Gubernur Papua Lukas Enembe Hari Ini

Ia juga mengapresiasi para jurnalis yang bertugas di KPK karena kerap menggali lebih dalam kasus korupsi yang sedang ditangani.

“Tak sekedar mewartakan peristiwanya saja, dengan naluri jurnalistik nya, para insan pers yang ditugaskan atau ‘ngepos’ di KPK senantiasa menggali lebih dalam kasus korupsi yang kami ungkap sehingga setiap berita yang diwartakan ke publik sarat dengan edukasi pencegahan hingga penindakan korupsi yang tepat, cepat, terukur, dan efisien,” ucap Firli.

Firli mengatakan peran pers sebagai pilar demokrasi sudah sangat tepat sebagai kontrol sosial demokrasi di republik ini. Selain itu, kata dia, seiring perjalanan waktu, pers memberikan andil nyata dalam mewujudkan tujuan negara, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

BACA JUGA :  DPR Sedang Berjuang Biaya Haji 2020 Tak Naik

“Perlu dicatat, ruh demokrasi sejati nya adalah keterbukaan dan transparansi yang seyogyanya menjadi energi untuk terus menggelorakan semangat demokrasi. Di sini lah salah satu peran besar pers, yakni ikut memonitor dan menjaga transparansi, akuntabilitas, keterbukaan, dan sistem tata kelola pemerintahan agar selalu baik untuk menutup peluang atau celah terjadinya korupsi,” tuturnya.

Pers, kata Firli, terbukti mampu mempersatukan segenap bangsa dan rakyat Indonesia untuk lebih peduli dalam setiap daya dan upaya penanganan korupsi.

“Sudah sepatutnya kita sadari bahwasanya pers tanah air telah membangkitkan kesadaran kita bersama bahwasanya korupsi adalah ancaman nyata terhadap kelangsungan tujuan bernegara di republik ini,” ujarnya.

Dalam momen peringatan HPN 2022, ia juga mengharapkan pers Indonesia terus menyajikan berita dan informasi yang terpercaya, mencerdaskan, memajukan, dan mempersatukan bangsa.

BACA JUGA :  Ancam Bunuh Warga Muhammadiyah Gegara Beda Hari Lebaran, Peneliti BRIN Disidang Etik Besok

“Dengan semangat antikorupsi, tetap jaga kredibilitas dan independensi sebagai garda ke-4 pilar demokrasi Indonesia. Semaikan dan tanamkan selalu nilai-nilai kejujuran dalam setiap berita dan informasi yang rekan-rekan sajikan kepada segenap bangsa dari Sabang sampai Merauke mulai Miangas hingga Pulau Rote,” kata Firli.

Penulis: Hapip/antaraEditor: Mubinoto Amy
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *