Polda Metro Jaya Terjunkan 500 Personel untuk Kawal Parade MotoGp di Jakarta

  • Bagikan
Personel Polda Metro Jaya (Foto:Istimewa)

JAKARTA – Sebanyak 500 personel akan diterjunkan oleh Polda Metro Jaya untuk mengamankan rencana parade pembalap MotoGp di Jakarta, pada Rabu (16/3) besok.

“Seluruh personel tersebut akan disiagakan di sepanjang rute parade dari Istana Merdeka hingga Hotel Kempinski di Jakarta Pusat,” kata Karo Ops Polda Metro Jaya, Kombes Marsudianto dalam konfrensi pers, Selasa (15.3).

Marsudianto menjelaskan, seluruh personel tersebut nantinya akan bertugas untuk menutup arus lalu lintas di jalur parade sekaligus mengamankan masyarakat yang ingin menonton acara parade.

“Kemudian dari Pemda juga akan kami libatkan. Untuk mengantisipasi supaya tidak ada luberan penonton yang menyaksikan perjalanan dari Istana Merdeka sampai Hotel Kempinski,” ujarnya

BACA JUGA :  Penuhi Panggilan Polisi, Haris Azhar: Ini Politisi dan Upaya Pembungkaman Masyarakat Sipil

Dalam kesempatan yang sama, Dirlantas Polda Metro Jaya, Sambodo Purnomo Yogo mengimbau agar masyarakat untuk menghindari Jalan Medan Merdeka Barat sampai MH Thamrin pada pukul 10.00-11.00 WIB.

Selama periode parade pembalap MotoGP tersebut akan dilakukan penutupan arus lalu lintas dari Istana Merdeka hingga Hotel Kempinski di Jakarta Pusat.

Sambodo memastikan penutupan arus lalu lintas hanya akan dilaksanakan selama parade berlangsung. Setelahnya, arus lalu lintas akan kembali dibuka untuk masyarakat umum. Lebih lanjut, arus lalu lintas dari Bundaran HI-Istana juga akan tetap dibuka seperti biasa.

“Kami dari pihak PMJ mengimbau kepada masyarakat sebaiknya untuk menghindari dulu kawasan jalan Thamrin dari jam 10.00-11.00 WIB,” tuturnya.

BACA JUGA :  Jenderal Dudung: Saya dengan Pak Fadil Ce'es Berat, Kemana-mana Kalau Jalan Itu Kayak Upin-Ipin

“Sebagai tuan rumah mari kita laksanakan kegiatan ini dengan baik, kita tunjukkan bahwa Jakarta dan Indonesia siap menjadi tuan rumah bagi pelaksanaan Moto GP,” sambungnya.

Dalam pernyataan resminya, pihak Dorna Sports memastikan 20 pembalap akan melakukan parade di Jakarta pada 16 Maret mendatang sebelum terbang ke Mandalika untuk menjalani MotoGP Mandalika 2022, 18-20 Maret mendatang.

Parade itu rencananya akan dimulai dan diakhiri di Istana Merdeka. Presiden Jokowi nantinya akan lebih dulu menyambut para pembalap di Istana sebelum melakukan parade bersama pembalap tersebut.

“Sebelum menuju paddock di Lombok, perayaan akan dimulai di ibu kota Jakarta pada Rabu 16 Maret. Sebuah line-up 20 pembalap yang luar biasa akan mengambil bagian dalam parade yang unik, mulai dan berakhir di Istana Merdeka,” demikian pernyataan resmi Dorna Sports.

BACA JUGA :  Akibat Angin Kencang Atap Lippo Mall Kemang Ambruk, Sejumlah Pengunjung Terluka

Lebih lanjut, perusahaan promotor balap motor asal Spanyol itu juga mengaku tidak sabar dengan MotoGP Mandalika 2022, yang merupakan balapan Grand Prix pertama di Indonesia sejak 1996.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *