2022 Indonesia Bakal Menjadi Tuan Rumah 5 Balap Internasional

  • Bagikan

BALI – Tahun 2022 Indonesia akan kedatangan beberapa ajang bapal internasional baik balap mobil maupun motor.

Bagi para fans balap mobil maupun motor di Indonesia, 2022 ini menjadi tahun istimewa buat mereka.

Tidak hanya karena banyak ajang balap nasional yang kembali setelah sempat vakum atau tidak digelar utuh akibat pandemi Covid-19 pada 2021 lalu.

Tercatat, ada lima ajang balap kelas dunia dan regional yang akan menyambangi Indonesia.

MotoGP Indonesia 2022

Kasta tertinggi ajang balap motor prototipe dunia ini akan mengawali rangkaian balap internasional yang mendatangi Indonesia.
Karena Fabio Quartararo dan kawan-kawan akan turun di MotoGP Indonesia 2022 yang digelar pada 20 Maret mendatang.

MotoGP Indonesia 2022 sendiri akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok yang kini tengah berbenah untuk mengejar homologasi.

BACA JUGA :  Kemenpora Pecahkan Rekor Dunia dengan Gelar Senam SKJ Massal Pelajar Terbanyak

Tapi sebelum mengikuti MotoGP Indonesia 2022, mereka punya kesempatan menjajal sirkuit Mandalika di sesi tes pramusim pada 11-13 Februari nanti.

WorldSBK Indonesia 2022

WorldSBK

WorldSBK kembali menyambangi Indonesia setelah menjadi satu-satunya ajang balap internasional yang digelar di Tanah Air pada tahun lalu.

WorldSBK Indonesia 2022 akan kembali dihelat di sirkuit Mandalika pada penghujung tahun nanti, tepatnya pada tanggal 11-13 November.

Cukup mengejutkan, mengingat November sudah masuk musim penghujan dan WorldSBK harus membatalkan Superpole Race akibat hujan besar tahun lalu.

Setidaknya bisa menjadi kesempatan sobat melihat aksi Toprak Razgatlioglu, Jonathan Rea, Scott Redding, dan Alvaro Bautista di lintasan basah sirkuit Mandalika.

MXGP Indonesia 2022

Sama seperti WSBK, kejuaraan dunia motocross yaitu MXGP kemungkinan besar akan kembali ke Indonesia pada 2021 ini.
Dalam kalender balap MXGP 2022, terlihat Indonesia kembali kebagian dua seri sekaligus.

BACA JUGA :  Tes MotoGP, Akhir Pekan Ini Sirkuit Mandalika Bakalan Dibuat Bising

Pertama adalah MXGP Jakarta 2022 yang akan dihelat pada 26 Juni dan gosip-gosipnya akan digelar di Stage Park Sentul

Sementara seri kedua adalah MXGP Indonesia 2022 yang akan diselenggarakan di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat pada 3 Juli nanti.

Formula E Jakarta 2022

Setelah ditunda sejak 2020 akibat pandemi Covid-19 dan menuai pro-kontra hingga kini, penyelenggaraan Formula E Jakarta akhirnya menemukan secercah titik terang.

Formula E Jakarta 2022 akan mengambil slot 6 Juni di kalender balap ajang balap mobil listrik formula tersebut.

Perihal lokasi juga sudah terjawab, di mana Formula E Jakarta 2022 akan dihelat di sirkuit baru yang akan dibangun di kawasan Ancol, Jakarta Utara setelah muncul pelarangan penggunaan kawasan Monumen Nasional yang menjadi lokasi awal.

BACA JUGA :  3 Pembalap MotoGP Bakal Bikin Kejutan di Sirkuit Mandalika

Kini tinggal menunggu apakah sirkuit tersebut dapat dibangun dan lolos homologasi FIA Grade 3 yang menjadi syarat menyelenggarakan Formula E tepat waktu.

GT World Challenge Asia 2022


Seperti Formula E, GT World Challenge Asia 2022 akan menjadi kali pertama ajang balap mobil touring regional tersebut singgah di Indonesia.

GT World Challenge Asia 2022 seri Indonesia sendiri akan digelar di sirkuit Mandalika sebagai seri pamungkas pada 21-23 Oktober nanti.

Gelaran GT World Challenge Asia 2022 sendiri menandakan nyaris 1 dekade sejak balap mobil kelas GT dihelat di Indonesia.
Sebelumnya, balap kelas GT terakhir di Tanah Air adalah Forza GT3 Indonesia yang digelar di sirkuit Sentul pada awal 2010-an.

(tfn/ sumber: bola)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *