Siap Bela Bangsa, 500 Orang Terbaik Bali-Nusra Tempuh Latsarmil Komcad

  • Bagikan

Tabanan – Setelah menjalani proses seleksi yang ketat, sebanyak 500 orang dari Bali-Nusra berhasil lulus untuk mengikuti Latsarmil Komcad TA 2023 yang dibuka oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono, S.H., M.Si., dalam suatu upacara pembukaan di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Senin (08/05/2023).

Dalam Upacara Pembukaan Latihan Dasar Militer (Latsarmil) Komponen Cadangan (Komcad) TA 2023 tersebut, Kasdam IX/Udayana selaku Irup membacakan amanat Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada 2.500 orang yang telah berhasil lulus seleksi dan bergabung menjadi anggota Komcad.

Lebih lanjut Menhan RI menyampaikan, bahwa Indonesia harus memiliki pertahanan negara yang kuat untuk menjaga kedaulatan negara dan menjaga kekayaan negara. Sehingga Sishankamrata adalah tepat, karena ini diyakini mampu menangkal segala bentuk ancaman yang mungkin terjadi yaitu dengan melibatkan seluruh komponen bangsa untuk mempertahankan NKRI yang salah satunya adalah pembentukan Komcad.

Perekrutan Komcad adalah implementasi dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara. Komcad bersifat sukarela (voluntary) dengan rekrutmen melalui pendaftaran/aplikasi dan perekrutannya barasal dari ASN Kemhan/TNI/Pemda/Instansi, perguruan tinggi negeri/swasta, pegawai BUMN/swasta, maupun warga lainnya (umum).

BACA JUGA :  Cetak Prajurit Profesional dan Handal, Pangdam Buka Dikmata TNI AD

Anggota Komcad nantinya akan disumpah dan dilantik untuk membantu TNI dalam membela bangsa dan negara serta rakyat Indonesia. “Menjadi anggota Komcad adalah pilihan yang tepat untuk siap memberikan jiwa dan raga kita membela bangsa dan negara pada saat dibutuhkan. Perlu diingat, Komcad bukan pekerjaan tapi sebuah bukti sikap cinta kita terhadap tanah air,” jelas Menhan.

Bahwa pada tahun 2023, Kemhan telah membuka perekrutan Komcad Matra Darat, Laut dan Udara sebanyak 2.500 orang di seluruh Indonesia, nantinya akan didik Latsarmil selama 3 bulan sampai dengan bulan Agustus 2023. Dimana untuk wilayah Kodam IX/Udayana yang meliputi Provinsi Bali, NTB dan NTT berhasil mengikuti Latsarmil di Rindam IX/Udayana sebanyak 500 orang. (Pendam IX/Udy)

BACA JUGA :  Pulang Dari Papua, Warga Korem 161/WS Sambut Anggota Purna Tugas Satgas Apter
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *