TFG Dipimpin Panglima TNI dan Kapolri, Pangdam Udayana Paparkan Kesiapan Satgas Pamwil KTT ASEAN

  • Bagikan

Manggarai Barat – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., selaku Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Dansatgas Pamwil) turut menghadiri kegiatan Tactical Floor Game (TFG) Pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN atau ASEAN Summit yang dilaksanakan di Hotel Sylvia Resort Komodo, Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, pada Sabtu (6/5/2023).

Kegiatan TFG yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo tersebut bertujuan untuk menyusun taktik dan strategi serta juga dapat digunakan sebagai wahana koordinasi dalam perencanaan operasi yang akan diterapkan dalam pelaksanaan pengamanan KTT ASEAN.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI menegaskan bahwa kegiatan ini bukanlah drill, latihan ataupun simulasi. Kegiatan ini nyata dan tidak bisa diulang, sehingga semua harus benar-benar diyakinkan dan berjalan dengan baik serta mampu mengantisipasi setiap dinamika yang terjadi.

“Kegitan TFG yang kali ini digelar merupakan rangkaian dari kesiapan operasional, sebab informasi-informasi terkait perkembangan kondisi dan situasi yang terjadi saat ini diperoleh lebih lengkap untuk menyempurnakan yang masih kurang dan dilakukan kerjasama semua unsur terkait secara humanis dan bersinergi,” demikian tegas Panglima TNI.

BACA JUGA :  Terletak di Pulau Terluar, Dandim Klungkung Awali Kunkernya ke Koramil Nusa Penida

Sementara itu, dalam paparannya, Pangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa Satgas Pamwil telah menyiapkan pasukan cadangan dan alat Penanggulangan Huru Hara (PHH) yang setiap saat siap digerakkan apabila diminta oleh Satgas Pam VVIP untuk membantu pihak Polri apabila memerlukan penebalan.

“Kemudian saat tamu VVIP sampai di hotel tempat mereka menginap, kami sudah menempatkan pengamanan di Ring II dan III. Begitu juga pengamanan Ring II dan III pada kegiatan di Puncak Waringin dan venue KTT ASEAN lainnya,” pungkas Pangdam.

Terkait Pengamanan VVIP di Bali, Pangdam mengatakan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan Subsatgas Pamwil Bali yang dipimpin oleh Danrem 163/WSA guna mengamankan Tamu Kenegaraan (VVIP) yang akan menginap di Bali selama kegiatan KTT ASEAN berlangsung.

BACA JUGA :  Pangdam IX/Udayana Pimpin Sertijab dan Tradisi Laporan Korps Pejabat Kodam dan Korem

Lebih lanjut, dalam TFG disampaikan skenario perkembangan situasi terakhir di wilayah Bali dan sekitarnya, bagaimana susunan tugas dan pasukan serta konsep umum Operasi Satgas Pamwil dan Evakuasi. Kemudian, dilaksanakan Olah Yudha yang merupakan inti dari kegiatan tersebut. (Pendam IX/Udy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *