5 Organisasi Profesi Kesehatan Kompak Unjuk Rasa Tolak RUU Kesehatan

  • Bagikan
Ribuan tenaga kesehatan tolak RUU Kesehatan. (Foto/ist)

JAKARTA- Lima organisasi profesi kesehatan yang tergabung dalam Aliansi Selamatkan Kesehatan Bangsa (Aset Bangsa) gelar aksi damai menolak pembahasan Omnibus Law Rancangan Undang-undang (RUU) Kesehatan, Senin (8/5/2023).

Kelima organisasi tersebut adalah Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Berdasarkan pantauan, kelima organisasi profesi kesehatan tersebut telah memadati area patung kuda, Merdeka Barat, Jakarta Pusat sejak pukul 08.00 WIB pagi. Terlihat mereka mengenakan atasan berwarna putih bertuliskan Stop Pembahasan RUU Kesehatan (OBL).

Mereka membawa beberapa atribut pendukung mulai dari pamflet bertuliskan tolak pembahasan RUU kesehatan, karangan bunga bertuliskan “jangan rusak hubungan dokter”, “Rakyat dengan RUU kesehatan”, hingga bendera dari masing-masing organisasi perhimpunan.

BACA JUGA :  Kejagung Periksa Istri Eks Dirjen Daglu Kemendag Terkait Kasus Suap Izin Ekspor CPO

Situasi lalu lintas di sekitar area demonstrasi terlihat sedikit padat namun tidak menimbulkan kemacetan dan masih lancar untuk dilalui. Serta, terdapat satpol PP, polisi yang turut mengamankan kegiatan demonstrasi pagi ini.

Beberapa pihak dari Transjakarta terlihat turut membantu jalannya bus Transjakarta dan kendaraan lainnya yang akan melewati sekitar area agar tidak menimbulkan kemacetan. Masyarakat khususnya pengguna jalan juga turut diminta menghindari kawasan Bundaran Patung Kuda.

Hingga pukul 10.30 WIB terlihat kegiatan demonstrasi masih berlangsung namun sebagian besar sudah mulai bergeser atau berpindah lokasi ke daerah Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *