Gairah Seks Menurun? Ada 5 Penyebab yang Kamu Harus Ketahui

  • Bagikan
Foto: ilustrasi

BALI – Setiap pasangan mendambakan punya kehidupan seks yang baik dan menyenangkan. Namun, tak sedikit yang merasa bahwa terkadang gairah seksual atau libido mereka terganggu.

Kali ini, redaksi akan membahas penyebab gairah atau libido seks menurun yang dihimpun dari berbagai sumber.

Seks merupakan kunci dalam meningkatkan keintiman dengan pasangan. Maka tak heran jika ada pasangan yang merasa bahagia berkat kehidupan seksnya yang memuaskan.

Akan tetapi, fase gairah seksual bisa menurun dan menjadi tidak bersemangat dari biasanya. Kondisi ini lumrah dialami baik pria maupun wanita. Terlebih didukung oleh faktor pertambahan usia dan rutinitas sehari-hari.

Sebagaimana dilansir Times of India, kafein memberikan dorongan tetapi lebih untuk quickie. Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak, kelenjar adrenal Anda akan bekerja berlebihan, melepaskan hormon stres yang mencegah fungsi seksual Anda.

BACA JUGA :  Jutaan Vaksin Hibah Kadaluwarsa akan Dimusnahkan

Berikut lima penyebab gairah atau libido seks menurun.

  1. Terlalu banyak kopi
    Secangkir kopi di pagi hari baik-baik saja, tetapi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi minuman ini maka itu cenderung mempengaruhi gairah seks Anda.
  1. Tidak percaya diri
    Ketidakpercayaan diri dapat meredam suasana hati dan gairah Anda dalam berhubungan seks.

Kata-kata negatif misalnya, bisa memengaruhi citra diri dan membuat gairah seks menurun. Cobalah ucapkan kata-kata positif dan mencintai diri Anda agar lebih nyaman saat berhubungan seks.

  1. Bau badan
    Bau badan pasangan dapat membuat perbedaan besar pada gairah seks Anda.

Jika pasangan Anda tidak menggunakan deodoran dan bau keringat, maka ini bisa jadi salah satu penyebab keinginan seks Anda meredup.

  1. Kurang tidur
    Kurangnya waktu tidur dan istirahat menyebabkan gairah seks yang lebih rendah. Menurut sebuah penelitian di Journal of Clinical Sleep Medicine, “pria non-obesitas dengan apnea tidur obstruktif (OSA) mengalami kadar testosteron yang lebih rendah. Ini mengarah pada penurunan aktivitas seksual.”
BACA JUGA :  Imbau Masyarakat Jaga Kadar Gula Darah, Menkes Sebut Diabetes Ibu dari Segala Penyakit

Insomnia karena stres juga dapat menurunkan libido Anda karena pikiran Anda terlibat dalam pikiran negatif. Bahkan dapat menyebabkan disfungsi seksual.

  1. Terlalu banyak gula
    Konsumsi terlalu banyak gula, baik itu dalam soda, makanan, kopi, gula meningkatkan kadar insulin yang menyimpan lemak perut.

Bagi pria, gula mempengaruhi kadar estrogen mereka, yang selanjutnya menyebabkan disfungsi ereksi.

*(Sofi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *