Kasus Gagal Ginjal Akut, IDI Lampung Imbau Para Ibu Waspada Jika Produksi Urine Anak Sedikit

  • Bagikan
Ilustrasi sampel urine.

BANDARLAMPUNG- Gejala awal gangguan ginjal akut pada anak dapat dilihat dari produksi urinenya. Jika produksi urine sedikit dan berwarna gelap, kemungkinan mengalami gagal ginjal.

“Gagal ginjal itu kan ginjal yang tidak produksi urine atau sedikit,” kata Dewan Pakar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampung dr Boy Zaghlul Zaini, Jumat (21/10/2022).

Dia menambahkan, kasus awal umumnya dimulai dari infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) atau diare, setelah beberapa hari kemudian urinenya tiba-tiba tidak berproduksi atau tak sesuai dengan konsumsi minumnya.

Dia menyarankan kepada orangtua yang anaknya sedang sakit dan meminum obat untuk sering mengecek apakah urinenya sesuai dengan asupan air putih yang diminum.

BACA JUGA :  Soal Pencabutan Status Darurat Covid-19 oleh WHO, Kemenkes: Tetap Waspada

“Lihat seberapa banyak ke luarnya urine, kalau tidak sesuai dan sedikit, cepat konsultasi ke dokter spesialis ginjal,” katanya.

Kemudian dalam perawatan harus di rumah sakit dengan fasilitas yang baik, kalau memang di daerah faskesnya belum cukup segera dirujuk ke rumah sakit yang memadai.

Orang tua, lanjut dia, harus menjaga pola hidup sehat anaknya. Terlebih saat ini banyak kasus batuk pilek yang mendera anak-anak karena faktor cuaca.

“Tolong perhatikan anak-anaknya, jajanan dan lainnya, orangtua harus lebih waspada. Usahakan anaknya tidak sakit agar tak mengonsumsi obat,” kata dia.

“Sementara waktu hindari dulu obat-obatan berbentuk sirop untuk anak-anak. Orangtua bisa gunakan obat tablet,” tutupnya.(*)

BACA JUGA :  RSCM Dalami Sejumlah Sampel Obat Sirop Terkait Gagal Ginjal Akut Melalui Pemeriksaan Laboratorium
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *