Pameran Gebyar Nuzulul Qur’an, 9 Mushaf Unik Ditampilkan di Gedung Kemenag

  • Bagikan
Kemenag pamerkan mushaf Alqur'an fenomenal. (dok. Kemenag)

JAKARTA- Kementerian Agama menggelar Gebyar Nuzulul Qur’an pada 10-14 April 2023. Kegiatan berlangsung di lobi gedung kantor pusat Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat dan terbuka untuk masyarakat umum.

Dalam kegiatan ini, Kemenag memamerkan 9 mushaf atau lembaran ayat-ayat suci Alquran yang fenomenal atau unik.

“Dalam Gebyar Nuzulul Qur’an ini, kita menampilkan 9 mushaf fenomenal yang saat ini menjadi koleksi Bayt Al-Qur’an Kemenag,” kata Kepala Balitbang dan Diklat Kemenag, Suyitno, Senin (10/4/2023). 

Ada mushaf tertua yaitu Mushaf Usman bin Affan (replika). Replika Mushaf Usman bin Affan ini dipamerkan agar publik mengetahui bagaimana teks pada mushaf masa awal yang masih tanpa tanda titik dan tanda baca.

BACA JUGA :  Kemenag Ajak Umat Islam Shalat Gerhana Bulan Total pada 8 November, Catat Waktunya

Lalu ada mushaf terindah yaitu Mushaf Istiqlal. Mushaf ini didesain dengan merepresentasikan Indonesia, berhiaskan 45 ragam hias dari seluruh wilayah Indonesia.

Ada juga mushaf terbesar atau Mushaf Wonosobo dengan ukuran halaman 150 x 200 cm, ukuran teks 80 x 130 cm, atau 2 x 3 m bila dibuka. Ditulis di atas kertas manila berukuran 1,5 X 2 m dan beratnya mencapai 165 kg. 

Sampulnya dibuat dari kayu jati yang dilengkapi dengan penguat dari besi tahan karat. Dengan demikian berat keseluruhan mushaf ini beserta sampulnya sekitar 3 kuintal. Diperlukan 8 orang untuk mengangkatnya.

Selain yang terbesar, ada juga mushaf terkecil yaitu Mushaf Istanbul. Mushaf ini dicetak berukuran mini dengan panjang kurang dari 2 cm.

BACA JUGA :  Pemerintah Izinkan Umat Islam Salat Id di Lapangan

Selain memperingati momen turunnya Alquran, Gebyar Nuzulul Qur’an ini dimaksudkan sebagai sarana syiar dan edukasi bagi masyarakat.

“Dalam kesempatan ini masyarakat juga dapat memperoleh informasi berbagai produk hasil kajian Alquran yang dimiliki Kemenag,” kata Suyitno.

Selain pameran produk, Kemenag juga membuka konsultasi layanan tashih Alquran, pameran kaligrafi batik, hingga aneka lomba Qur’ani Expose.

“Termasuk di dalamnya adalah lomba membaca mushaf braille dan lomba membaca Alquran isyarat,” kata Suyitno.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *