Panglima TNI dan Kapolri Pimpin Apel Gelar Pasukan Pam KTT ASEAN, Dansatgas Pamwil Tekankan Hal Ini

  • Bagikan

Manggarai Barat – Selaku Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Dansatgas Pamwil) dalam even Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN atau ASEAN Summit, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., turut hadir dalam kegiatan Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan di Lapangan SMA St. Ignatius Loyola, Wae Kelambu, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, pada Sabtu (6/5/2023).

Apel Gelar Pasukan yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., tersebut bertujuan untuk mengecek dan memastikan kesiapan seluruh personel dan perlengkapan yang akan digunakan dalam tugas pengamanan para Kepala Negara dan delegasi pada kegiatan KTT ASEAN ke 42.

Dalam amanatnya, Panglima TNI menegaskan kepada seluruh peserta Apel Gelar bahwa sebagai prajurit yang profesional agar menunjukkan individu yang terlatih dan memahami serta menguasai tugas dan tanggung jawab masing-masing dengan baik. Ikuti setiap perkembangan dan harus selalu siap dengan segala dinamika yang terjadi.

BACA JUGA :  Duarrr!!! Renon Bergetar Karena Ledakan Pasukan Elit Kodam IX/Udayana Yang Sedang Amankan G20

Panglima TNI juga berharap agar dalam melaksanakan tugas mengedepankan sikap humanis, tapi tetap waspada serta lakukan tindakan tegas dan terukur bila terjadi hal-hal yang berpotensi mengganggu kelancaran jalannya KTT.

“Laksanakan tugas sesuai SOP, patuhi jalur Komando yang ada sesuai hirarki dan laporkan setiap perkembangannya serta hindari bersikap arogan karena hal tersebut hanya akan menyakiti hati rakyat. Saya yakin dan percaya kalian akan dapat melaksanakan tugas ini dengan baik,” tegas Panglima TNI.

Sementara itu, usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan, Pangdam IX/Udayana secara khusus memberikan pengarahan kepada para personelnya yang tergabung dalam Satgas Pamwil dan Evakuasi.

“Memang tugas ini tidak bertaruh nyawa, tapi tugas ini bertaruh harga diri bangsa. Sebab kita akan mengamankan perhelatan berskala internasional yang menjadi sorotan seluruh dunia. Kita akan mengamankan KTT ASEAN ke 42 tahun 2023. Suatu kehormatan bagi Prajurit Udayana. Sehingga saya berharap agar kita melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab,” ujar Pangdam selaku Dansatgas Pamwil.

BACA JUGA :  Sinergi Dengan KKI Bali, Ajendam IX/Udayana Asah Kemampuan Bela Diri Anggotanya

Lebih lanjut Pangdam IX/Udayana berharap dalam tugas pelaksanaan pengamanan KTT ASEAN ini juga harus berhasil dan sukses seperti pelaksanaan Pengamanan G20. Kepada para Dansubsatgas dan Danplek, Pangdam menekankan agar benar-benar menguasai medan dan yakinkan anggota memahami tugasnya masing-masing.

“Saya tegaskan jangan ada yang membuat pelanggaran sekecil apapun. Jaga soliditas dan sinergitas kita terhadap rekan-rekan kita di Polri. Saya melihat sorot mata kalian hari ini, saya yakin kalian adalah Prajurit Udayana yang mempunyai moril, dedikasi dan loyalitas yang tinggi,” demikian pungkas Pangdam.

Usai rangkaian kegiatan Apel Gelar Pasukan, seluruh personel yang telah diorganisasi akan memasuki kedudukannya sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Pasukan yang telah insert memiliki tanggungjawab atas tugas pengamanan selama pelaksanaan KTT ASEAN berlangsung, hingga para Kepala Negara kembali ke negaranya masing-masing. (Pendam IX/Udy)

BACA JUGA :  Latihan Ditutup Pangdam, Yonif RK 744/SYB Siap Amankan Perbatasan RI-RDTL
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *