35,9 Kg Sabu dari China Hasil Pengungkapan Kasus Sejak Agustus Dimusnahkan di Polres Pelabuhan Tanjung Perak

  • Bagikan
Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya memusnahkan berbagai jenis narkoba hingga puluhan kilogram, Rabu (2/11/2022). (Foto: Dok. Sindo/lukman hakim).

SURABAYA- Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya memusnahkan berbagai jenis narkoba hingga puluhan kilogram, Rabu (2/11/2022). Seluruh jenis narkoba tersebut merupakan hasil pengungkapan kasus sejak Agustus lalu. 

Berbagai jenis narkoba yang dimusnahkan antara lain sabu seberat 35,9 kilogram (kg), pil ekstasi 4.972 butir dan 11,5 juta butir double L senilai miliar rupiah. Barang haram tersebut dimusnahkan dengan dibakar menggunakan alat incenerator.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Anton Elfrino Trisanto menjelaskan, narkoba jenis sabu tersebut merupakan jaringan Internasional yang dikirim dari China. Sedangkan untuk jenis double L merupakan jaringan Jakarta. Ada tiga tersangka yang diamankan dalam kasus ini.

Jika diasumsikan 1 gram sabu dikonsumsi oleh 5 orang dan satu butir ekstacy dikonsumsikan oleh satu orang, dan pil koplo 5 butir dikonsumsi oleh satu orang, maka jumlah jiwa yang berhasil diselamatkan sebanyak 179 juta orang.

BACA JUGA :  BNN RI Ungkap Transaksi Rp15 Miliar Napi Narkoba di Lapas Kerobokan Bali

“Untuk jumlah tersangkanya ada tiga orang. Mereka pelaku peredaran internasional dan lokal,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, A.H. Tony mengapresiasi Polres Pelabuhan Tanjung Perak tetap konsisten dalam pemusnahan barang bukti tersebut. Hal ini menepis rumor masyarakat adanya oknum-oknum yang diduga menjual belikan barang bukti.

“Sebenarnya bukan hanya pihak kepolisian saja, tapi masyarakat juga harus bisa bekerjasama untuk memberantas peredaran narkoba di wilayah Surabaya,” katanya.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *