Ketua Dewan Pers, M.Nuh : Media Massa Harus Sediakan Konten Mendidik Masyarakat

  • Bagikan
Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh saat memberikan sambutan di Haari Pers Nasional 2022 di Kendari (Poto: Istimewa)

KENDARI – Hari Pers Nasional (HPN) 2022 merupakan momen untuk mendorong seluruh insan maupun perusahaan media agar mampu beradaptasi ke dunia digital.

Demikian yang disampaikan Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh saat membuka Konvensi Media Nasional dalam rangka HPN 2022 yang dilaksanakan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (7/2),

Muhammad Nuh mengatakan, penggunaan teknologi digital adalah sebuah keniscayaan, wartawan harus mampu mengarungi dunia digital agar tidak tertinggal dari bangsa-bangsa lain.

“Seluruh jurnalis harus mampu dan merupakan suatu keharusan dalam menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman utamanya saat ini di era kemajuan teknologi informasi yang serba digital,” kata M Nuh.

Ia juga mengingatkan agar semua insan jurnalis di seluruh Indonesia bisa bijak dalam menggunakan media sosial sehingga tidak terjerat UU ITE.

BACA JUGA :  Presiden Berpesan Pers Harus Mampu Lanjutkan Agenda Besar Bangsa

“Melek teknologi digital itu adalah keharusan termasuk bijak menggunakan media sosial,” ujar dia.

Selain itu, Muhammad Nuh juga meminta agar media massa harus membantu menyediakan konten-konten yang mendidik bagi masyarakat.

“Semoga konvensi media ini dapat membuahkan masukan komprehensif oleh pemerintah utamanya dalam membangun kedaulatan nasional di era teknologi informasi dan digitalisasi media,” kata Muhammad Nuh.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sultra Muh Ilyas Abibu mengatakan berterima kasih kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang telah memberikan kepercayaan terhadap daerah itu sebagai tuan rumah pada ajang tahunan tersebut.

“Sebenarnya Hari Pers Nasional ini kita sudah persiapkan dari tahun 2020, namun karena kondisi pandemi COVID-19 sehingga ditunda sampai tahun 2022 ini,” kata dia.

BACA JUGA :  Memiliki Kekayaan 51 Miliar, Mayjen Maruli Mengaku Tak Miliki Mobil

Dia berharap pers dapat membantu mempromosikan kemajuan daerah Sulawesi Tenggara dengan mengangkat isu-isu potensi yang di daerah ini baik sumber daya alam (SDA), pariwisata hingga produk-produk unggulan UMKM.

“Oleh karena itu kami berharap hari pers nasional ini bukan hanya kita berbicara tentang pers, tetapi bagaimana insan media dapat mengeksplore dari pada potensi-potensi sumber daya alam yang ada di Sulawesi Tenggara dan potensi investasi sehingga Sultra bisa mendapatkan manfaat dari HPN ini,” katanya.

Konvensi Media Nasional yang diikuti seluruh pengurus PWI se-Indonesia yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Kendari merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HPN yang dimana puncak acara akan berlangsung pada 9 Februari 2022 di pelataran Masjid Al-Alam Kendari.

BACA JUGA :  Peringatan HUT TNI Ke-77 Akan Digelar di Istana Merdeka
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *