Ngeri, Ribuan Ulat Bulu Serang Rumah Warga Desa Cilame Bandung Barat

  • Bagikan
Ulat bulu. (Foto/maine.go)

BANDUNG BARAT- Ribuan ulat bulu menyerang buah alpukat dan rumah warga Blok Cibuntu RT 05/06, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat. Kejadian ini membuat warga resah.

Pantauan di lapangan, ulat berwarna coklat muda dengan garis-garis hitam di tubuhnya tersebut telah memakan habis dedaunan di pohon alpukat. Alhasil membuat pohon gundul dan kering karena daunnya habis. 

“Ini kejadiannya sudah sekitar tiga hari yang lalu, mulainya makan daun di pohon alpukat sekarang banyak yang masuk ke rumah,” kata Yati Ida Rusnayati (45), warga Blok Cibuntu, Cilame, Selasa (4/4/2023).

Yati menyatakan, warga mulai takut dengan keberadaan ribuan ulat bulu yang mulai masuk rumah. Ulat bulu banyak yang menempel di dinding dan sofa. 

BACA JUGA :  Diduga Limbah Industri, Buih Putih Beraroma Busuk Penuhi Saluran Pembuangan Air Warga Padalarang

“Di jemuran pakaian juga banyak yang menempel, mungkin karena tertiup angin dan terbang menempel di pakaian yang sedang dijemur,” ujar Yati.

Sementara itu, Sudrajat (50), mengatakan, semua pohon alpukat habis diserang ulat bulu tersebut. Berbagai upaya sudah dilakukan untuk membasmi hama itu tapi belum berhasil.

“Pakai obat nyamuk bisa, tapi karena ulatnya terlalu banyak, obat nyamuknya keburu habis,” kata Sudrajat.

Warga tidak berani mendekat atau menebang pohon yang daunnya sudah habis dimakan ulat. Sebab, warga takut ulat bulu menyebabkan gatal-gatal. 

Karena itu, warga meminta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan KBB turun tangan menangani wabah ulat bulu tersebut.

“Keberadaan ulat alpukat ini membuat warga resah, kalau dibiarkan khawatirnya terus berkembang biak bertambah banyak,” ujar dia.(*)

BACA JUGA :  Penjelasan KNKT Soal Kecelakaan Beruntun di Tol Pejagan-Pemalang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *