Perjalanan 2 Kereta Api di Malang Terhambat Akibat Jalur Tertutup Tanah Longsor

  • Bagikan
Para petugas bekerja keras membersihkan meterial longsor yang menutup jalur kereta api, Selasa (18/10/2022). (Foto/istimewa).

MALANG- Jalur kereta api (KA) di wilayah selatan Kabupaten Malang tertutup tanah longsor, Selasa (18/10/2022). Akibatnya dua rangkaian kereta api tertahan di Stasiun Sumberpucung dan Kepanjen, yakni KA Matarmaja relasi Stasiun Jakarta Pasar Senen-Stasiun Malang Kota Baru dan KA Penataran relasi Surabaya-Blitar. 

Informasi yang dihimpun, longsor itu terjadi di antara Stasiun Sumberpucung-Stasiun Pohgajih, Kabupaten Malang, tepatnya di petak jalur KA di KM 85+4/5, yang masuk wilayah KAI Daop 8 Surabaya. Selain material longsor, beberapa titik perlintasan juga tergenang air. 

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arief membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, selain longsor di KM 85+4/5, terdapat tiga titik longsor yang berpotensi menutup jalur KA yakni KM 84+8/9, KM 82+6/7, dan KM 81+3 petak jalan Sumberpucung-Pohgajih setelah sebelumnya daerah tersebut diguyur hujan lebat.

BACA JUGA :  Masuk Daftar Hitam, Pelaku Kekerasan Seksual Dilarang Naik Kereta Api Seumur Hidup

“Kami atas nama Manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api, akibat jalur KA terkena longsor di wilayah tersebut,” kata Luqman Arief, Selasa (18/10/2022).

Luqman mengatakan, untuk mengantisipasi bahaya, kedua kereta tersebut akan dialihkan melewati Lawang-Bangil-Sidoarjo-Tulangan-Mojokerto. Setelah itu menuju Kertosono. 

Luqman menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai upaya untuk memulihkan perjalanan kereta api di lokasi tersebut. Penanganan dilakukan baik dari sisi pengaturan operasional KA, maupun prasarana jalur KA. KAI juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mempercepat proses perbaikan. 

“Kami berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA. Semoga cuacanya mendukung dan longsor segera teratasi, agar jalur kereta api yang terdampak kembali normal serta perjalanan kereta api dapat beroperasi dengan lancar,” katanya.(*)

BACA JUGA :  Hari Raya Nyepi ATM di Bali Tutup Rabu 12.00 WITA - Jumat 06.00 WITA
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *