Temukan Keanehan Surat Mendagri ke Gubsu, HIMMAH Ajak Audiensi Dir RSCM Terkait Kesehatan TSO

  • Bagikan
HIMMAH Ajak Audensi Dir RSCM Terkait Kesehatan TSO. (Foto/ist)

JAKARTA- Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (HIMMAH) Pimpinan Wilayah DKI Jakarta mengungkapkan keanehan dalam Surat Mendagri ke Gubernur Sumatera Utara (Gubsu).

Oleh sebab itu, HIMMAH ajak Direktur (dir) Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) audiensi terkait kesehatan Bupati Padang Lawas (Palas) Ali Sutan Harahap (TSO).

“Kami menemukan keanehan dalam surat Mendagri Nomor:100.2.7/1284/SJ tertanggal 2 Maret 2023 dan Nomor :400.5/1723/SJ tertanggal 21 Maret 2023 ke Gubsu,” kata Ketua HIMMAH PW DKI Jakarta Sahala Pohan, Rabu (29/3/2023).

Sahala menjelaskan dalam surat tertanggal 2 Maret 2023 Mendagri menyurati prihal untuk Optimalisasi Penyelenggaraan Pemerintah di Kabupaten Palas, sedangkan tanggal 21 Maret 2023 kembali menyurati Gubsu perihal permohonan pemeriksaan ulang terkait kondisi kesehatan Bupati Palas.

BACA JUGA :  Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Lebih dari 120 Suporter Arema FC Meninggal dan Ratusan Lainnya Terluka

“Kami menduga Mendagri ragu atas keluarnya surat sehat Bupati TSO,” imbuhnya.

Sementara surat keterangan RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo nomor 135/HS/RSCM-K/VI/2022 tertanggal 13 Juni 2022, menerapkan bahwa kesimpulan dari hasil pemeriksaan fisik yang telah dilakukan pasien atas nama Ali Sutan Harahap dinyatakan sehat secara jasmani untuk administrasi pekerjaan.

Lalu surat RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo nomor 192/HS/RSCM-K/XI/2022 tertanggal 15 November 2022, menerangkan bahwa kesimpulan dari hasil pemeriksaan fisik yang telah dilakukan pasien atas nama Ali Sutan Harahap dinyatakan sehat secara jasmani dengan catatan ditemukan hemiparesis dextra ringan dan gangguan komunikasi sehingga disarankan untuk evaluasi fungsi luhur sebagai syarat administrasi pekerjaan.

Selanjutnya berdasarkan pemeriksaan fungsi luhur tertanggal 1 Desember 2022 atas nama Ali Sutan Harahap (Bupati Palas) pada Pusat Layanan Terpadu Saraf, Tulang Belakang, dan Otak Neuroscience Centre RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo, diperoleh hasil disabilitas ringan.

BACA JUGA :  Pemuda Rentan Terpapar Ekstremisme, Cangkir Opini: Gerakan Filantropi Perdamaian Bisa Menjadi Tindakan Preventif yang Efektif

Atas dasar surat pemeriksaan kesehatan itu, HIMMAH PW DKI Jakarta sebanyak 15 orang mengajak direktur RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo untuk audensi.

“Kita harus melaksanakan audiensi ini sebelum permohonan pemeriksaan ulang terkait kondisi kesehatan Bupati Palas dilakukan, sesuai dengan yang kami jadwalkan pada Rabu 29 Maret 2023 pukul 12.30 WIB,” imbuhnya.

“Kami khawatir dokter tetap membuat hal yang sama dalam hal surat sehat itu, sementara keadaan Bupati Palas Ali Sutan Harahap (TSO) saat ini kami nilai sangat kurang sehat dan harus tetap fokus untuk berobat, jabatan itu hanya sementara kesehatan itu yang paling utama,” tutur Sahala.

Sahala mengakui dirinya serta 14 rekannya yang lain sempat diarahkan ke bagian Humas RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo.

BACA JUGA :  Gubernur Koster Klaim Kasus Covid-19 di Bali Terus Alami Penurunan

“Kita harus duduk bersama dengan Direktur RSUP Nasional Cipto Mangunkusumo dan dokter yang memeriksa kondisi kesehatan Bupati TSO, Kami sangat yakin mereka pasti tidak akan dapat menjawab beberapa poin pertanyaan dari kami. Maka dari itu, Kami ultimatum untuk dijadwalkan pertemuan ulang dalam jangka waktu 2×24 jam,” tegas Sahala.

Sebelumnya HIMMAH PW DKI Jakarta sudah melayangkan surat permohonan audiensi kepada Direktur RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo pada tanggal 29 Maret 2023.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *