Aksi Bela Negara bersama masyarakat, Waaster Panglima TNI Ajak Petani Bela Negara

  • Bagikan
Sosialisasi Aksi Bela Negara bersama masyarakat petani di wilayah Kota Mataram. (Foto : Kodim 1606/Mataram)

LOMBOK BARAT – Staf Teritorial TNI bersama Kodim 1606/Mataram menggelar kegiatan sosialisasi Aksi Bela Negara bersama masyarakat petani di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Utara di Aula Utama Kantor Bupati Lombok Barat, Giri Menang, Gerung, Kabupaten Lombok Barat, pada Kamis (18/5/2022).

Dalam sambutan Aster Panglima TNI yang dibacakan oleh Waaster Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso menyampaikan bahwa dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antara TNI dengan masyarakat khususnya petani, serta dapat lebih meningkatkan kesadaran bela negara dan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sistem pertahanan bangsa Indonesia adalah menganut sistem pertahanan rakyat semesta, dimana upaya mempertahankan serta menegakkan kedaulatan negara adalah menjadi tanggung jawab bersama dengan melibatkan seluruh sumber daya nasional yang ada di wilayah NKRI, baik komponen cadangan maupun komponen pendukung seperti halnya masyarakat petani di wilayah ini,” ucapnya.

BACA JUGA :  Cek Kesiapan Pengamanan Venue G20, Panglima TNI Hadiri Rakor Bersama Para Menteri di Bali

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa bela negara dapat meningkatkan kecintaan kepada tanah air, menguatkan kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin kepada Pancasila sebagai ideologi negara, serta rela berkorban untuk bangsa dan negara, dengan memiliki kemampuan bela negara baik secara fisik maupun psikis dalam semangat mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur.

Sementara itu, Bupati Lobar dalam sambutannya mengatakan bahwa aksi bela negara tidak hanya melibatkan aksi secara fisik di medan perang, melainkan banyak hal yang dapat dilakukan sebagai aksi bela negara.

“Contohnya, ialah kegiatan masyarakat petani sebagai garda terdepan dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat yang juga dapat disebut sebagai aksi bela negara, sebab ketahanan pangan ini menjadi bagian penting dalam menjaga NKRI,” tandasnya. (Kodim 1606/Mataram)

BACA JUGA :  Tak Sembarangan, Ini Cara Masak Pasta yang Benar dari Takaran Air hingga Minyak
Editor: Aly
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *