Efek Bahaya Ketika Aktifkan Rem Tangan Ketika di Lampu Merah

  • Bagikan

BALI – Menurut praktisi keselamatan berkendara, sebaiknya jangan mengaktifkan rem parkir (parking break) atau biasa disebut rem tangan ketika harus berhenti lama di lampu merah

“Secara safety ketika berhenti di lampu merah, tidak mengaktifkan parking brake. Namanya kan parking brake berarti digunakan saat parkir bukan saat berhenti,” ujar Sony Susmana dari Safety Defensive Consultant Indonesia dikutip CNN Indonesia, Minggu (23/1).

Sony menjelaskan saat mobil berhenti, yang berarti hanya sementara, pengemudi semestinya menginjak pedal rem. Cara menginjak pedal rem dijelaskan bukan berarti harus sekuat tenaga namun hanya perlu ditahan sambil memastikan mobil tidak bergerak.

Menginjak pedal rem selama berhenti di lampu merah bisa jadi tugas melelahkan bagi pengemudi, namun Sony mengingatkan mengemudi adalah pekerjaan dengan tanggung jawab besar.

BACA JUGA :  Mengintip Ford Model Anyar, Begini Teknologi yang Disematkan

“Kalau ditanya pegal ya memang namanya mengemudi tanggung jawabnya tinggi. Kalau berkaitan dengan keselamatan kita tidak bisa bilang pegal, kalau memang pegal atau capek ya kita harus ke pinggir. Tidak pada tempatnya kita beristirahat di lampu merah,” urai Sony.

Imbauan tidak mengaktifkan rem parkir saat di lampu merah berkaitan dengan keselamatan, sebab selalu ada risiko selama berkendara di jalan. Sebagai contoh kejadian kecelakaan maut yang melibatkan truk kontainer yang menabrak banyak kendaraan di lampu merah di Balikpapan pada Jumat (21/1) lalu.

Saat terjadi tabrakan dari arah belakang, dampaknya dikatakan bakal lebih besar pada mobil yang menggunakan rem parkir karena momentum laju penabrak diserap semuanya.

BACA JUGA :  Bamsoet: Ikatan Motor Indonesia Berikan Konsultasi dan Bantuan Hukum Bagi Pemilik KTA IMI

Selain itu dikatakan jika rem parkir aktif maka waktu yang dibutuhkan untuk meloloskan diri dari potensi tabrak belakang, jika pengemudi sempat melihat ancaman dari spion, lebih lama ketimbang tidak aktif.

Sony mengingatkan juga pengemudi yang berhenti di lampu merah mesti selalu mengecek kondisi sekitar menggunakan spion dan juga menjaga jarak.

(my)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *