Ini Alasan Kenapa Ban Depan Belakang Yamaha Fazzio Gunakan Ukuran Sama

  • Bagikan

BALI – Bagi kalian yang telah memiliki motor Yamaha Fazzio, mungkin kalian ada yang bertanya, kok Yamaha Fazzio pakai ban belakang yang ukurannya sama dengan ban depan?

Padahal, kebanyakan motor dilengkapi dengan ban belakang yang ukurannya 1 tingkat lebih besar dari ukuran ban depan.

Tentu ada alasan mengapa Yamaha Fazzio ini dipasangkan ban belakang yang ukurannya sama dengan ban depan (110/70-12) atau lebih kecil dari ban belakang motor kebanyakan.

Dikutip dari otogrid, ini penjelasan dari Aji Handoko selaku Technical & Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM.

“Walaupun secara ukuran ban belakang Fazzio sama dengan yang depan, namun secara berbentuk dia menjadi lebih lebar setelah dipasang di pelek,” ucap Aji dikutip dari otogrid, Selasa 925/1)

BACA JUGA :  Sebanyak 800 Rider Tampil di Street Race Kemayoran
Ban belakang Yanaha Fazzio

Itu bisa terjadi karena ukuran pelek di Yamaha Fazzio antara depan dan belakang memang punya lebar yang berbeda.

“Jadi saat terpasang di pelek yang lebih lebar, tapak ban belakang juga ikut lebih lebar dibandingkan ban depan meskipun ukurannya sama,” yakin Aji.

Ban belakang di motor memang umum menggunakan ukuran ban yang lebih besar atau lebar karena fungsinya untuk menahan beban motor yang banyak di belakang.

Selain itu, area ban yang menapak dengan aspal juga harus lebih besar karena roda belakang butuh cengkraman untuk menyalurkan tenaga.

“Kalau ban depan lebih kecil memang fungsinya untuk manuver saja. Agar lebih lincah saat bermanuver,” tutupnya.

BACA JUGA :  Dilantik Menjadi Ketua IMI Bali, Ajik Krisna Bangun Sirkuit Balap di Bali

Jadi, meskipun ukuran ban belakang di Yamaha Fazzio sama dengan depan, nyatanya ketika dipasang di pelek profilnya tetap menjadi lebih lebar dibandingkan ban depan.

Makanya, secara fungsi dan keamanan tentu penggunaan ukuran ban belakang yang sama dengan ban depan ini tidak akan ada masalah Sob.

(tf)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *