Kasad Ingatkan Prajurit TNI AD Untuk Peka Terhadap Situasi Yang Ancam Keutuhan NKRI

  • Bagikan
Kunjungan Kerja (Kunker) di wilayah Korem 161/WS dengan memberikan pengarahan kepada seluruh anggota jajaran Korem 161/WS. (Foto : Penrem 161/WS)

KUPANG – Selesai melaksanakan peresmian 2 Batalyon yang digelar di Lapangan Upacara Yonarhanud 9/AWJ, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., melanjutkan kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) di wilayah Korem 161/WS dengan memberikan pengarahan kepada seluruh anggota jajaran Korem 161/WS di Garasi Ranpur Batalyon Armed 20 155/GS, pada Kamis (19/5/2022).

Kegiatan pengarahan yang didampingi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., tersebut bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi, menjalin komunikasi dan melihat dari dekat kondisi terkini satuan di jajaran Kodam IX/Udayana khususnya di wilayah Korem 161/WS, termasuk melihat realisasi kebijakan TNI AD di satuan jajaran terbawah, maupun kesulitan yang dihadapi prajuritnya.

Mengawali arahannya, Kasad Jenderal Dudung menyampaikan apresiasi atas pengabdian dan dedikasi yang tinggi dari Kodam IX/Udayana dan seluruh satuan jajaran yang ada di wilayah Korem 161/Wira Sakti dengan tugas dan tanggung jawab yang sangat strategis dalam menjaga kedaulatan NKRI.

BACA JUGA :  Dunia Pers Berduka, Ketua Dewan Pers Azymardi Azra Meninggal Dunia di RS Malaysia

“Dengan telah tergelarnya satuan baru di wilayah Korem 161/WS yakni Yonarhanud 9/AWJ dan Yonarmed 20/155 GS/BY, saya berharap dua satuan baru itu tidak hanya sebagai fungsi pertahanan negara, tetapi dapat berdampak terhadap lingkungan serta membawa perubahan yang baik dan positif bagi pemerintah dan masyarakat,” harap Kasad.

Lebih lanjut Kasad mengatakan, terkait program Pompa Hidram dan Sumur Bor yang telah dilaksanakan oleh Kodam IX/Udayana, sampai saat ini sangat berdampak terhadap kehidupan masyarakat NTT dalam penyediaan air bersih. Hal tersebut selaras dengan Program TNI AD Manunggal Air yang sudah dicanangkan sejak tanggal 24 Maret 2022.

“Program TNI AD Manunggal Air merupakan inspirasi dari Program Kodam IX/Udayana yang telah dilakukan di wilayah Bali-Nusra, khusus wilayah NTT sudah terpasang Pompa Hidram sebanyak 177 titik serta Sumur Bor sebanyak 34 titik, yang ke depan akan terus dilanjutkan lagi,” ujar Kasad.

BACA JUGA :  Taekwondo Dojang Kodim TTS Raih Juara Umum 3 Kejuaraan Even Open Turnamen UTI Pro se NTT

Selanjutnya, Kasad mengatakan Program-program unggulan lainnya yang dilakukan satuan dalam rangka perdayaan masyarakat di wilayah, diantaranya program ketahanan pangan melalui Budi Daya Kelor dan Ayam KUB (Ayam Kampung Unggul Balitbangtan), yang memang sangat potensial di Nusa Tenggara Timur dalam rangka pengentasan stunting.

Dalam kesempatan tersebut, Kasad juga mengingatkan kepada Para Dansat agar terus berkarya, melatih, menguatkan karakter dan memiliki integritas. Kembangkan kepemimpinan yang selalu mengayomi anggota sehingga terwujud organisasi yang harmonis dan mampu membangun kreatifitas dan inovasi satuan dalam mendukung Tugas Pokok TNI AD.

“Pemimpin harus memiliki imajinasi, inovasi, visi, misi, cita-cita dan harapan. Para Dansat serta seluruh unsur komandan harus berani dan mampu mengambil keputusan yang tepat dan cepat, perhatikan kesejahteraan anggota dan keluarganya. Bangun suasana kekeluargaan dan kebersaman yang baik di satuan,” pesan Kasad.

BACA JUGA :  Bali Jadi Tuan Rumah SWIRMO, Delegasi Regional ICRC Kunjungi Kodam IX/Udayana

Mengakhiri pengarahannya Kasad menekankan kepada seluruh prajurit agar selalu mengimplementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI dimanapun bertugas dan berada. Pertajam kepekaan terhadap perkembangan situasi terutama provokasi yang mengancam dan mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan NKRI.

“Lakukan tindakan-tindakan yang akan berdampak terhadap kesejahteraan rakyat, agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI AD dengan cara meningkatkan soliditas dan sinergitas, termasuk dengan Polri, Pemda, dan komponen bangsa lainnya,” tandas Kasad.

Kegiatan pengarahan tersebut diikuti juga oleh Pangkostrad, Asrena Kasad, Aslog dan Aster Kasad, Danjen Kopasus, Danpussen Arhanud, Danpussen Armed, Danlantamal VII/Kupang, Danlanud Eltari Kupang, Para Asisten Kasdam IX/Udy dan Para Dan/Ka Balak jajaran Kodam IX/Udy. (Pendam IX/Udy)

Editor: Aly
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *