Klarifikasi Wings Grup, Tepis Kabar Dugaan Suap Ekspor Migor  

  • Bagikan
Anak usah Wings Group langar ketentuan Kemendag terkait penoman pemenuhan kewajiban Eksportir kebutuhan dalam negeri (DMO) (Foto : Istimewa)

JAKARTA –  PT Karya Indah Alam Sejahtera terseret kasus dugaan korupsi pemberian fasilitas ekspor minyak goreng tahun 2021-2022, Saat ini, status perkara kasus tersebut naik ke tahap penyidikan.

Peningkatan status perkara tersebut berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Nomor Prin-17/F.2/Fd.2/04/2022 tanggal 4 April 2022.

Beberapa waktu sebelumnya juga telah dilakukan penyelidikan oleh Kejaksaan Agung yang melibatkan 14 orang saksi beserta dokumen atau surat.

Dari hasil penyelidikan, ditemukan perbuatan melawan hukum seperti dikeluarkannya Persetujuan Ekspor (PE) oleh Kemendag kepada eksportir yang seharusnya ditolak izinnya karena tidak memenuhi persyaratan DMO-DPO.

Terdapat dua perusahaan yang menerima PE tersebut, yakni PT Mikie Oleo Nabati dan PT Karya Indah Alam Sejahtera.

BACA JUGA :  Muntahkan Timah Panas Saat Cekcok dengan Istrinya, Briptu Ini Ditangkap Polisi

Kedua perusahaan ini melakukan kesalahan berupa tidak mempedomani pemenuhan kewajiban distribusi kebutuhan dalam negeri (DMO) sehingga harga jual di dalam negeri (DPO) melanggar batas harga yang ditetapkan pemerintah.

Perusahaan-perusahaan tersebut menjual produk dengan harga melampaui DPO yakni di atas Rp 10.300. Selain itu, disinyalir ada gratifikasi dalam pemberian izin penerbitan PE kepada pelaku usaha.

PT Karya Indah Alam Sejahtera diketahui merupakan bagian dari anak usaha Wings Food Group. Manajemen Wings Group pun menepis kabar informasi tersebut.

Terkait pelanggaran tersebut pihak Public Relations Wings Group Gabriella da Silva,, memberikan klarifikasinya,  pada Rabu (6/4) malam, dengan mengatak, “Pihak Wings beserta anak usahanya tidak melakukan apa yang ada di dalam pemberitaan,” ujarnya.

BACA JUGA :  Polisi Tetapkan Tersangka Bule Ngamuk Acungkan Pisau di Seminyak

Seluruh dokumen yang dibutuhkan sudah diserahkan oleh Wings atau PT Karya Indah Alam Sejahtera kepada pihak yang berwenang untuk diperiksa dan ditelaah.

Manajemen Wings pun menghargai proses penyelidikan yang dilakukan dan akan terus bekerja sama apabila dibutuhkan.

Gabriella menambahkan, Wings adalah perusahaan yang telah berdiri selama 74 tahun. Wings memiliki visi untuk menyediakan produk-produk berkualitas yang dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Perusahaan ini juga selalu menjalankan bisnis sesuai tata kelola perusahaan yang baik dan nilai-nilai integritas.

“Wings Group beserta anak usahanya tidak akan mempertaruhkan nama baik dan reputasi perusahaan yang telah didirikan sekian lama,” pungkasnya.

Penulis: Muradi/CNN/tempoEditor: Aly
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *