Jelang Presidensi G20 dan MotoGP, Luhut Minta Pengusahan Hotel dan Restoran Manfaatkan Peluang

  • Bagikan
Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan meminta pengusaha hotel dan restoran di Indonesia bisa memanfaatkan peluang dalam kegiatan internasional, seperti Presidensi G20 dan MotoGP di Mandalika.

“Bagi Indonesia untuk bisa mengambil peluang dalam penyelenggaraan G20 dan Motor GP di Indonesia. Inilah kesempatan sekaligus tantangan bagi kita untuk memberikan layanan terbaik para pengunjung,” kata Luhut dalam Rakernas PHRI 2022, Rabu (9/2/2022).

Dia juga mendorong pengusaha hotel dan restoran untuk menduniakan kuliner, bumbu atau rempah Indonesia melalui program Spice Up The World.

“Kiranya hotel dan restoran mampu mengambil bagian untuk menyajikan kuliner khas nusantara dari olahan bumbu dan rempah Indonesia. Juru masak Indonesia di mancanegara juga diimbau untuk mulai memperkenalkan masakan khas Indonesia di hotel dan restoran mancanegara dan menambah restoran di mancanegara,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Gempa di Gorontalo M 6,3 Berpusat di Laut, Tak Berpotensi Tsunami

Begitu juga para juru maka Indonesia di mancanegara diimbau untuk mulai memperkenalkan masakan khas Indonesia di hotel dan restoran mancanegara, dengan menghadirkan makanan Indonesia dan menambah jumlah restoran di mancanegara.

“Diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia. Saya optimis untuk membangun industri pariwisata melalui hotel dan restoran dengan cara yang luar biasa,” imbuhnya.

Menurutnya, agenda internasional itu juga bisa memberikan kesempatan untuk membantu UMKM lokal. Hal itu sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mewajibkan Kementerian/Lembaga (K/L) untuk membeli produk dalam negeri 40-50 persen.

“Di mana kita tahu APBN mengalokasikan Rp 1.200 triliun untuk pengadaan berbagai macam barang. Nah itu dari pemerintah didorong mungkin secara bertahap Rp 500 triliun itu diproduksi oleh UMKM kita. Di sinilah pariwisata memainkan perannya,” tandasnya.

BACA JUGA :  Suskes MotoGP Mandalika 2022, Jokowi Janji Tahun Depan akan Lebih Baik
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *