Kapolres Buleleng akan Beri Sanksi Anggotanya Jika ada Penyimpangan Perilaku

  • Bagikan
Kapolres Buleleng akan Beri Sanksi Anggotanya Jika ada Penyimpangan Perilaku (Foto: Humas Polres Buleleng)

BULELENG – Kapolres Buleleng AKBP Andrian mengingatkan soal sanksi jika ada penyimpangan prilaku yang dilakukan anggotanya.

Hal itu disampaikan saat  sosialiasi tindak lanjut Perkap Nomor 2 tahun 2022 tentang Pengawasan Melekat (Waskat) di lingkungan Polri, Selasa (12/4) kemarin.

Sosialisasi ini disampaikan kepada seluruh pejabat utama Polres Buleleng di ruang Command Center Polres Buleleng bersama jajaran Kapolsek bersama personelnya yang dikuti daring.

“Pertimbangan dibuatnya Perkap ini dalam rangka mencegah penyimpangan perilaku pegawai negeri pada Kepolisian Negara Republik Indonesia, diperlukan pengendalian oleh atasan terhadap tindakan dan kegiatan bawahan dalam bentuk waskat,” kata Andrian, dikutip, Rabu (13/4).

Waskat dilakukan untuk lebih meningkatkan disiplin, etika dan kinerja pegawai negeri sipil pada Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam pelaksanaan tugas, sehingga tujuan organisasi Polri dapat tercapai sesuai dengan prinsip prinsip penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

BACA JUGA :  Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 150 Meter, Gunung Anak Krakatau Berstatus Siaga

Mekanisme waskat bisa juga melalui penerimaan informasi terkait prilaku bawahannya yang bersumber dari pegawai negeri pada Polri, pengawas eksternal, masyarakat dan/atau media massa, media eletronik dan/atau media sosial.

Menurut Andrian, jika ditemukan ada pelanggaran tindak pidana pada pelaksanaan waskat, diserahkan langsung kepada fungsi reserse kriminal untuk ditindak lanjuti sesuai dengan ketentuan praturan perundang-undangan.

“Bila ada atasan yang tidak melakukan kewajiban dalam melaksanakan waskat, maka diberikan sanks. harapannya agar perkap ini dapat dilaksanakan dengan baik dan (semua anggota) mawas diri,” tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *