Penyuluh Bahasa Bali Klungkung Lakukan Konservasi Lontar-Lontar 2022

  • Bagikan
Penyuluh Bahasa Bali Klungkung Lakukan Konservasi Lontar-Lontar 2022 (Foto: Istimewa)

KLUNGKUNG – Penyuluh Bahasa Bali (PBB) Kabupaten Klungkung  tahun 2022 ini berhasil membuat gebrakan. 

PBB Klungkung saat ini gencar melakukan konservasi lontar – lontar di Gumi Serombotan Klungkung. Bahkan, pada awal Tahun 2022 ini, PBB sudah berhasil konservasi 100 lontar dengan rapi.

Menurut Koordinator Penyuluh Bahasa Bali di Kabupaten Klungkung, I Wayan Arta Diptha, Selasa (5/4), komunitasnya terus berupaya melakukan konservasi lontar-lontar yang ada sehingga kedepannya generasi muda milenial tidak sampai menyia-nyiakan warisan lontar leluhur yang ada.

“Konservasi lontar ini kita lakukan dan sebanyak 100 lontar sudah dituntaskan,” ujar Diptha, melalui keterangan dikutip, Rabu (6/4).

Konservasi lontar di antaranya dilakukan di Gria Sri Mpu Pande Meranggi, Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, akhir Februari 2022.

BACA JUGA :  Istri Korban Perampokan yang Diculik di Tulang Bawang Ditemukan Tewas di Rawa

“Dari 26 lontar yang bisa didentifikasi 19 lontar, dan yang tidak bisa diidentifikasi 7 lontar,” kata Diptha.

Adapun penyuluh yang turut dalam konservasi lontar di Gria Sri Mpu Pande Meranggi tersebut sebanyak 20 orang, dilakukan dari pukul 09.00 Wita-13.00 Wita. Isi lontar sebagian besar terkait usada, dan babad. 

“Dalam waktu dekat ini kita akan kembali turun untuk konservasi lontar,” pungkasnya dan memastikan niat komunitasnya dalam menjaga warisan budaya leluhur.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *