Terima Gratifikasi Selama 12 Tahun, KPK Tetapkan Rafael Alun Jadi Tersangka

  • Bagikan
Rafael Alun Trisambodo diperiksa KPK. (Foto/istimewa)

JAKARTA- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan tersangka pada Rafael Alun Trisambodo. Mantan pejabat pajak kantor wilayah Jakarta Selatan ini diduga menerima gratifikasi dalam kurun 12 tahun terakhir.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan pihaknya menemukan Rafael menerima sesuatu oleh pemeriksa pajak di tahun 2011 hingga 2023.

“Jadi ada peristiwa pidana korupsinya telah kami temukan terkait dengan dugaan korupsi penerimaan sesuatu oleh pemeriksa pajak pada DJP Kemenkeu tahun 2011 sampai 2023,” kata Ali Fikri di gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (30/3).

Ali menjelaskan penyidik telah menaikkan perkara dugaan korupsi Rafael Alun ke tingkat penyidikan. Dua alat bukti telah dikantongi.

“Kami menemukan peristiwa pidananya, kemudian dari bukti permulaan yang cukup, kemudian kami juga menemukan pihak yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum,” katanya.

BACA JUGA :  Rekonstruksi Penganiayaan David oleh Mario Dandy Hari Ini Terkendala Hujan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bakal memanggil Ernie Meike Torondek, istri dari mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo.

Pemanggilan terhadap Ernie akan dilakukan berkaitan dengan kasus dugaan korupsi penerimaan sesuatu oleh pemeriksa pajak pada DJP Kemenkeu tahun 2011-2023. Ernie akan dipanggil sebagai saksi untuk sang suami yang sudah dijerat sebagai tersangka.

“Ya kebutuhan siapa yang perlu dipanggil sebagai saksi pasti kan nanti kami lakukan, cuma kan semuanya butuh waktu untuk dilakukan analisis dulu, fakta-fakta mana yang dibutuhkan keterangan misalnya,” ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di gedung KPK, Kamis (30/3).

Ali mengatakan, dalam proses penyelidikan Ernie Meike sudah diperiksa saat itu bersamaan dengan Rafael Alun. Jadi, dalam proses penyidikan KPK akan memeriksa Ernie Meike.

BACA JUGA :  Tipu Pedagang Bubur Ratusan Juta Rupiah, Kapolsek di Cirebon Dicopot dari Jabatannya

“Tapi yang pasti, kemarin dalam proses penyelidikan saja kan dipanggil, pasti nanti berikutnya (dipanggil),” kata Ali.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *