Pemerintah Kabupaten Aceh Utara Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke 94

  • Bagikan

ACEH UTARA – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara ikut memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke 94 dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa” yang berlangsung secara khidmat di Lapangan Upacara Setdakab Aceh Utara, Landing, Lhoksukon, Jum’at (28/10/2022) pagi.

Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi, AP, M.Si yang diwakili oleh Sekda Aceh Utara Dr A Murtala, M.Si membacakan sambutan Menpora RI Zainuddin Amali diantaranya menyebutkan peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Disebutkan, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.

BACA JUGA :  8 Orang Warga Bogor Tertimbun Longsor, 4 Ditemukan Selamat

Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Selain itu peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

Menururnya, tema “Bersatu Bangun Bangsa” memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Upacara berlangsung khidmat dihadiri oleh ASN dan seluruh pejabat jajaran Pemkab Aceh Utara. Juga turut hadir para pejabat Forkopimda, di antaranyaperwakilan dari Korem 011/Lilawangsa, Dan LANAL Lhokseumawe, mewakili Ketua DPRK Aceh Utara Azali Fuadi, mewakili Dandim 0103/Aceh Utara, Kapolres Aceh Utara,Kajari Aceh Utara, Ketua PN Lhoksukon, dan Ketua Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon, juga hadir para pengurus DPD KNPI Kabupaten Aceh Utara.

BACA JUGA :  Gubernur Bali Klaim Pulau Dewata Sudah Masuk Fase Endemi

Bertindak sebagai perwira upacara Muhammad Irfan, SSTP, pemimpin upacara Ananda Afdhal, S.Tr.IP, pembaca pembukaan UUD ‘45 Ainul Hamdi,  S.Tr.IP, dan pembaca Teks Kongres Pemuda Indonesia 1928 Tgk Jamaluddin, SHI, (Pengurus DPD KNPI Aceh Utara).

Penulis: Abdul HalimEditor: Renoto Sirengga
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *